Hasanah, Imroatul (2020) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Religiusitas Dengan Kemampuan Membaca Alqur’an Pada Wanita Dewasa Di TPQ Sunan Ampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932134016 prabab.pdf Download (463kB) |
|
Text
932134016 bab1.pdf Download (250kB) |
|
Text
932134016 bab2.pdf Download (491kB) |
|
Text
932134016 bab3.pdf Download (450kB) |
|
Text
932134016 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
932134016 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
932134016 bab6.pdf Download (160kB) |
|
Text
932134016 daftar pustaka.pdf Download (217kB) |
|
Text
932134016 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kemampuan dalam melafalkan huruf/kalimat-kalimat Al-Qur’an sesuai dengan hukum kaidah tajwid yang baik dan benar. Di TPQ terdapat ibu-ibu yang ikut belajar membaca Al-Qur’an, disetiap kelas penulis menemukan masih ada ibu-ibu belum lancar membacanya. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an adalah motivasi belajar. Motivasi belajar adalah dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya. Selain motivasi belajar faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an adalah religiusitas, religiusitas adalah suatu tingkah laku seseorang dalam mengaplikasikan apa yang sudah dipahami dan diyakini dalam ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca Al-Qur’an, (2) hubungan antara religiusitas dengan kemampuan membaca Al-Qur’an, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan religiusitas dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu TPQ Sunan Ampel Kota Kediri berjumlah 48 dan sampel berjumlah 30 yang diambil melalui teknik random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar, angket religiusitas dan tes kemampuan membaca Al-Qur’an. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, yaitu; (1) ada hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca Al-Qur’an deangan nilai koefisien korelasi sebesar 0,903 dan koefisien determinasi sebesar 81,6%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) ada hubungan antara religiusitas dengan kemampuan membaca Al-Qur’an denagn nilai koefisien korelasi sebesar 0,910 dan koefisien determinasi sebesar 82,7%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) ada hubungan antara motivasi belajar dan religiusitas dengan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,910 dan koefisien determinasi sebesar 82,7%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 00:38 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 00:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3065 |
Actions (login required)
View Item |