Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Nussa Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam

Aisah, Siti (2020) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Nussa Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132016 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132016 bab1.pdf

Download (475kB)
[img] Text
932132016 bab2.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932132016 bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
932132016 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
932132016 bab5.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932132016 daftar pustaka.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932132016 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang harus dilakukan oleh orang tua untuk anak-anak mereka semenjak dari kecil, sehingga ketika mereka beranjak dewasa mereka sudah terbiasa dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan mereka generasi yang lebih baik lagi. Film merupakan media audio visual yang sangat digemari oleh anak, film bukan hanya menjadi hiburan saja melainkan dapat kita gunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Dengan aksi pengisi suaranya yang lucu dan penuh dengan nilai-nilai pendidikan karakternya pada setiap episodenya yang tidak membuat bosan penontonnya. Fokus dalam penelitian ini adalah Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Nussa? Dan Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dengan pendidikan Islam? Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotika teori Roland Barthes dan termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, peneliti menggunakan metode content analysis yaitu menganalisis isi dialog, alur dan karakter bedasarkan nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Nussa yaitu nilai religious, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kedua, relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dengan pendidikan Islam yaitu Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dengan pendidikan Islam yaitu karakter religious dengan HR. Bukhari No 6324, QS. Hud: 41, karakter jujur dengan HR. Muttafaqun ‘alaihi (Bukhari dan Muslim), karakter toleransi dengan QS. Al- Hujurat:11, karakter disiplin dengan QS. Al-‘Ashr: 1-3, karakter kerja keras dengan QS. Ar-Ra’d: 11, karakter kreatif dengan QS.Al-Ankabut: 20, karakter mandiri dengan HR. Bukhari, karakter demokratis dengan QS. Ali Imran: 159, karakter rasa ingin tahu dengan QS. Al-Kahfi: 66-67, karakter semangat kebangsaan dengan QS. Al-Hujurat: 13, karakter cinta tanah air dengan QS. At-Taubah: 122, karakter menghargai prestasi dengan QS. An-Nisa’: 32, karakter bersahabat atau komunikatif dengan QS. Yusuf: 37, karakter cinta damai dengan HR. Thabrani, karakter gemar membaca dengan QS. Al-Alaq: 1-5, karakter peduli lingkungan dengan HR. Muslim, karakter peduli sosial dengan QS. Al-Baqarah: 261 dan karakter tanggung jawab dengan QS. Al-‘Ashr ayat 1-3 dan HR. Bukhari No. 6412.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Jan 2022 00:22
Last Modified: 07 Jan 2022 00:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item