Amroyan, Niken Widiasih (2020) Implementasi Nilai-Nilai Asmaul Husna Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Madrasah Aliyah Al-Huda Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125816 prabab.pdf Download (352kB) |
|
Text
932125816 bab1.pdf Download (239kB) |
|
Text
932125816 bab2.pdf Download (379kB) |
|
Text
932125816 bab3.pdf Download (111kB) |
|
Text
932125816 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
|
Text
932125816 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
932125816 bab6.pdf Download (162kB) |
|
Text
932125816 daftar pustaka.pdf Download (228kB) |
|
Text
932125816 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) |
Abstract
Dewasa ini banyak kita jumpai pembiasaan-pembiasaan di madrasah untuk membentuk karakter siswa, salah satunya karakter religius. Karakter religius termasuk salah satu dari 18 pendidikan karakter di Indonesia dan menempati posisi sentral dalam membentuk akhlak siswa. Sebab, untuk membentuk karakter religius siswa menjadi manifestasi jangka panjang baik ketika siswa masih bersekolah maupun terjun langsung di masyarakat. MA Al-Huda memiliki karakteristik siswa yang beragam baik dalam tingkah laku, sikap dalam kehidupan sehari hari, dan komunikasi. Dengan adanya implementasi nilai-nilai asmaul husna dapat membentuk karakter religius siswa yang bisa menjadi panutan ketika terjun langsung di masyarakat. Asmaul husna yang digunakan merupakan karangan dari KH Ali. Maksum yang terdapat kaifiyah tawassul bil asmail husna. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan makna, menyelediki proses dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam terhadap objek yang diteliti. Pertanyaan yang ingin dijawab penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembiasaan asmaul husna MA Al-Huda? (2) apa saja nilai-nilai asmaul husna yang ditanamkan di MA Al-Huda? (3) bagaimana hasil dari penanaman nilai-nilai asmaul husna terhadap sikap religius siswa di MA Al- Huda?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berdasarkan temuan-temuan kemudian dijabarkan dalam bentuk deskripsi tekstual dengan memperhatikan gejala yang ada di lapangan. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis triangulasi sumber dengan membandingkan data pengamatan dengan hasil wawancara, pendapat orang lain, dan dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan pembacaan Asmaul Husna Karya KH. Ali Maksum dilakukan setiap hari di pagi hari dengan nadhom pondok krapyak secara bersama-sama sejak kelas X, 2. Penanaman nilai asmaul husna ditunjang dengan pembelajaran akidah akhlak yang terdapat materi asmaul husna di kelas X dan XII, keteladanan guru, dan kegiatan ubudiyah lainnya, 3. Sikap religius siswa yang muncul tercermin dalam kegiatan ubudiyah dan muamalah. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai asmaul husna dapat membentuk karakter religius siswa MA Al-Huda Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 01:51 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 01:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3029 |
Actions (login required)
View Item |