Rahmadhani, Dwi Ana (2020) Efektivitas Penggunaan Sistem Kredit Semester Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTsN Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932124516 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932124516 bab1.pdf Download (334kB) |
|
Text
932124516 bab2.pdf Download (419kB) |
|
Text
932124516 bab3.pdf Download (242kB) |
|
Text
932124516 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text
932124516 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
932124516 bab6.pdf Download (99kB) |
|
Text
932124516 daftar pustaka.pdf Download (241kB) |
|
Text
932124516 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Motivasi belajar adalah energi atau dorongan untuk memberikan semangat dalam menjalani proses pembelajaran. Dalam dunia pendidikan kini terdapat pengembangan kurikulum baru yaitu sistem kredit semester atau SKS. Sistem ini mengacu pada pembelajaran mandiri dan ditentukan pribadi dari masing-masing peserta didik. Semakin efektif penggunaan SKS, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. MTsN 2 Kota Kediri merupakan salah satu sekolah yang menerapkan SKS, penyelenggaraan sistem ini dimulai pada tahun ajaran 2019/2020. Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimanakah efektivitas penggunaan sistem kredit semester dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTsN Kota Kediri. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Terdapat 391 responden yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol, MTsN 2 Kota Kediri sebagai kelas eksperimen dan MTsN 1 Kota Kediri sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Mann Whitnet U-Test yang diolah menggunakan spss versi 21. Berdasarkan hasil temuan penelitian tentang efektivitas penggunaan sistem kredit semester dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Kota Kediri ini, diperoleh data rerata nilai motivasi belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 130,08 dan nilai rerata kelas eksperimen sebesar 158. Setelah dikonversikan dengan true score, motivasi belajar siswa kelas kontrol masuk kategori tinggi sedangkan motivasi belajar siswa kelas eksperimen masuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik non parametrik Mann Whitney U-Test memperoleh nilai Assymp. Sig. sebesar 0,000. Yang artinya nilai signifikansi < 0,05, Dengan demikian berarti penggunaan sistem kredit semester efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:53 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 02:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3025 |
Actions (login required)
View Item |