Faturizkiyah, Fariza Hanum (2020) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Kebiasaan Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas VIII SMPN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932124216 prabab.pdf Download (572kB) |
|
Text
932124216 bab1.pdf Download (333kB) |
|
Text
932124216 bab2.pdf Download (269kB) |
|
Text
932124216 bab3.pdf Download (333kB) |
|
Text
932124216 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text
932124216 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text
932124216 bab6.pdf Download (167kB) |
|
Text
932124216 daftar pustaka.pdf Download (234kB) |
|
Text
932124216 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan pasti menemukan siswa dengan berbagai watak yang ada, terkadang siswa ada yang belum bisa mengenali dirinya, tidak mudah bergaul, belum bisa membangun hubungan dengan orang lain. Hal tersebut sebenarnya faktor pada diri sendiri, siswa mampu bergaul dengan temannya bisa saja karena terbiasa dari kecil. Karena terbiasa siswa akan dengan mudah melakukan sesuatu tanpa beban. Begitu juga dengan belajar, terbiasa belajar siswa akan tidak merasa terbebani ketika ujian datang. Sehingga peneliti menemukan hal menarik untuk diteliti yang berhubungan dengan kecerdasan emosi dan kebiasaan belajar siswa. Berangkat dari hal tersebut, maka peneliti menelaah lebih jauh. 1) Bagaimana kecerdasan emosi siswa kelas VIII di SMPN 4 Kediri, 2) Bagaimana kebiasaan belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMPN 4 Kediri, 3) Bagaimana kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII di SMPN 4 Kediri, 4) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII di SMPN 4 Kediri, 5) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar pendidikan agama islam terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMPN 4 Kediri, 6) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan kebiasaan belajar pendidikan agama islam terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMPN 4 kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi, dan populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk jumlah sampel dari penelitian ini yaitu sebanyak 183 siswa yang dipilih secara acak. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket/ kuesioner dengan menggunakan google form kemudian saat analisis data menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosi kelas VIII di SMPN 4 kediri masuk kategori kurang, (2) Kebiasaan belajar PAI kelas VIII di SMPN 4 Kediri masuk pada kategori cukup, (3) Kemampuan pemecahan masalah kelas VIII di SMPN 4 kediri masuk pada kategori cukup, (4) Ada hubungan antara kecerdasan emosi terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas VIII di SMPN 4 Kediri dengan skor korelasinya bersifat positif. (5) Ada hubungan antara kebiasaan belajar PAI terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas VIII di SMPN 4 Kediri dengan skor korelasinya bersifat positif. (6) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dan kebiasaan belajar PAI terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas VIII di SMPN 4 Kediri dengan nilai yang signifikan 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubungan antara kecerdasan emosi dan kebiasaan belajar PAI terhadap kemampuan pemecahan masalah untuk skor korelasinya bersifat positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:52 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 02:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3023 |
Actions (login required)
View Item |