Najib, Ahmad (2020) Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Anak ADHB Di Sekolah Luar Biasa YPABK Ananda Putra Mandiri, Kec. Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932122714 prabab.pdf Download (956kB) |
|
Text
932122714 bab1.pdf Download (227kB) |
|
Text
932122714 bab2.pdf Download (196kB) |
|
Text
932122714 bab3.pdf Download (193kB) |
|
Text
932122714 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Text
932122714 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text
932122714 bab6.pdf Download (84kB) |
|
Text
932122714 daftar pustaka.pdf Download (79kB) |
|
Text
932122714 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK ADHD DI SLB YPABK ANANDA PUTRA MANDIRI, KEC. MOJOROTO KOTA KEDIRI 2020/2021, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri,”. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk anak ADHD di SLB YPABK ANANDA PUTRA MANDIRI Kec. Mojoroto, Kota Kediri? Subjek penelitian sebanyak 2 guru Pendidikan Agama Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Triangulasi, pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah baik, guru melakukan persiapan menyusun perangkat pembelajaran, menyiapkan sumber belajar. menggunakan metode seperti metode pembiasaan dan demontrasi, materi meliputi lks, buku paket, media pembelajaran yang digunkan berupa media papan tulis dan media visual dan sebagai bahan evaluasi diantaranya ulangan harian, uts, uas dan tugas. Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam sudah baik seperti guru pendidikan agama islam menyusun tujuan pembelajaran, menyusun tujuan operasional menyusun instruksional, menyusun metode dan strategi pembelajaran, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa, konteks, alur, rasa ingin tahu akan materi, pengulangan materi dan menggunakan sumber lain, pehatian, sikap, tugas, masuk siswa dan menyesuaikan soal dengan materi, menyelesaikan tugas tepat waktu, teman belajar, menyesuaikan diri, memberikan pelayanan sesuai kemampuan siswa, UAS, UTS, tugas, absensi siswa. Adapun faktor pendukung antara lain Ada ruang belajar, mengenal karakter siswa, pengawasan, ada buku terkait anak berkebutuhan khusus. Sedangkan faktor penghambat diantaranya Anak sulit diatur, teman sebaya, kurang fokus pada kegiatan belajar mengajar, sarana prasarana kurang memadai, keramaian anak di kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:50 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 02:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3017 |
Actions (login required)
View Item |