Waduddin, Achmad Abrisyam (2020) Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Muḥāḍarah Di Madrasah Tsanawiyah Hasan Muchyi Kapurejo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932121815 prabab.pdf Download (460kB) |
|
Text
932121815 bab1.pdf Download (229kB) |
|
Text
932121815 bab2.pdf Download (514kB) |
|
Text
932121815 bab3.pdf Download (166kB) |
|
Text
932121815 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text
932121815 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
932121815 bab6.pdf Download (147kB) |
|
Text
932121815 daftar pustaka.pdf Download (298kB) |
|
Text
932121815 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan materi yang harus diajarkan di madrasah dan harus dikuasai serta direalisasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari hari. Salah satu upaya guna menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut, MTs Hasan Muchyi Kapurejo memiliki sebuah program khusus yang wajib diikuti oleh setiap siswa madrasah. Program tersebut yaitu kegiatan ekstrakulikuler muḥāḍarah. Kegiatan ini sangat efektif guna mengasah karakter siswa. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana konsep dan kegiatan muḥāḍarah di MTs Hasan Muchyi Kapurejo. (2) Bagaimana proses pembentukan karakter diri siswa melalui kegiatan muḥāḍarah di MTs Hasan Muchyi Kapurejo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terkait fokus penelitian. Menggunakan analisis data Miles dan Huberman, yaitu kodifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Setelah menyelesaikan penelitian ini, dapat diketahui bahwa (1) Konsep muḥāḍarah di MTs Hasan Muchyi adalah membentuk karakter siswa dengan keunikannya masing-masing, menggunakan model pembelajaran focused group discussion, yang memberi kesempatan kepada siswa untuk bisa kreatif dalam membangun pengetahuannya sendiri. Kegiatan muḥāḍarah berupa kegiatan latihan berpidato/ ceramah. Kegiatan muhadarah dilaksanakan setiap hari Sabtu, setelah jamaah sholat dhuhur sampai jam selesai (pukul 12.30-14.00). Peserta kegiatan ini adalah kelas 7 dan 8 yang dikelompokan lagi ke dalam kelas baru yang disebut firqah. Setiap firqah didampingi satu orang guru pembimbing. Kegiatan ini dibina langsug oleh bapak Waka Kesiswaan. Dalam kegiatan ini sangat ditekankan untuk taat pada peraturan. Siswa juga ditekankan untuk bisa semaksimal mungkin dalam mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan ini juga ada reward bagi yang berprestasi dan punishman bagi pelanggar tata tertib. (2) kegiatan muḥāḍarah ini fokus pada penguatan karakter komunikatif siswa dan dibarengi dengan penanaman karakter peka sosial, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:47 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 02:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3013 |
Actions (login required)
View Item |