Peran Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid- (Studi Kasus Di Desa Ngampel Kecamatan Papar Kabupaten Kediri)

Karima, Kun (2020) Peran Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid- (Studi Kasus Di Desa Ngampel Kecamatan Papar Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119116 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932119116 bab1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932119116 bab2.pdf

Download (633kB)
[img] Text
932119116 bab3.pdf

Download (71kB)
[img] Text
932119116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
932119116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
932119116 bab6.pdf

Download (73kB)
[img] Text
932119116 daftar pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932119116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini meliputi bagaimana peran orang tua dalam membentuk disiplin belajar/sekolah daring anak pada masa pandemi Covid-19 di Desa Ngampel Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Sehingga ide utama dalam penelitian ini dapat diklasifikasikan menjadi: pertama, menjelaskan kondisi awal kedisiplinan anak di masa pandemi. Kedua, mengemukakan peran orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak di tengah pandemi. Ketiga, menyampaikan hasil evaluasi dari peran orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak di tengah pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (Observasi), Wawancara (interview), dan dokumentasi. Adapun sumber data, diambil dari orang tua dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, anak dan pihak sekolah, serta dokumen-dokumen yang dibutuhkah. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: 1) Kondisi belajar anak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang menunjukkan konsistensi kedisiplinan belajar, perubahan dari disiplin menjadi tidak teratur, dan belum disiplin/ketidak teraturan dalam belajar. 2) Peran orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak di masa pandemi Covid-19 ada berbagai macam. Hal ini tergantung pada latar belakang pendidikan orang tua. Semakin tinggi pendidikan orang tua, maka semakin tinggi pula tingkat perhatian/kepedulian orang tua terhadap disiplin belajar/sekolah daring anak selama belajar dari rumah. Begitu pula sebaliknya, orang tua dengan pendidikan menengah ke bawah cenderung biasa-biasa saja atau bahkan membiarkan anaknya belajar sendiri. Hal itulah yang akan menyebabkan kemerosotan kedisiplinan belajar anak. 3) Evaluasi dari peran orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak pada masa pandemi Covid-19 menunjukkan hasil belajar yang beragam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:10
Last Modified: 27 Dec 2021 02:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item