NURROHMAN, NURROHMAN (2015) Penerapan Strategi Komunikasi Efektif Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Cabang Kota Kediri Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Donatur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
cover lengkap-dftar isi.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (391kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (590kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (118kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (317kB) |
|
Text
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
Abstract
Sebuah organisasi, perusahaan, maupun lembaga yang dapat hidup karena adanya konsumen maupun pelanggan, mencari atau mempertahankan pelanggan merupakan sesuatu yang sangat sulit. Oleh karena itu sebuah organisasi, perusahaan maupun lembaga yang telah mendapatkan konsumen atau pelanggan yang telah diraihnya dibutuhkan strategi dimana strategi tersebut diharapkan mampu mencari, mempertahankan, serta meningkatkan konsumen tersebut sehingga konsumen akan menunjukkan loyal nya kepada perusahaan. Adapun salah satu strategi tersebut adalah dengan komunikasi yang efektif dengan para pelanggan. Dalam hal ini, LMI Cabang Kota Kediri dalam menjaga bahkan meningkatkan loyalitas donatur adanya strategi komunikasi sangat penting, karena mengingat LMI kediri merupakan lembaga sosial yang tidak memberikan keuntungan secara nyata akan tetapi kelak di akhirat. Metode penelitan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu primer dan skunder, data primer diperoleh dari kepala cabang, kepala bagian marketing, bagian program, dan donatur. sedangkan data sekunder diperoleh dari jumlah donatur rutin pertahun, kenaikan dan penurunan donasi donatur rutin pertahun, kegiatan-kegiatan LMI, dan dokumentasi penghargaan-penghargaan kerja sama LMI dengan instansiinstansi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan strategi komunikasi Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Cabang Kota Kediri dalam upaya meningkatkan loyalitas donatur adalah: menjaga hubungan baik dengan donatur dengan cara memperbanyak silaturrahmi, dengan menggunakan etika komunikasi yang baik dalam hal apapun, menggunakan sarana media sebagai alat komunikasi dengan donatur, mengatasi keluhan donatur, dan dengan kreativitas dalam membuat program. Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan loyalitas donatur adalah: amil yang profesional, lembaga yang resmi secara legalitas hukum, sarana dan prasarana komunikasi yang lengkap. Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan loyalitas donatur adalah kurangnya partisipasi donatur dalam event-event atau acara yang diselenggarakan oleh LMI Kota Kediri. Seperti santunan anak yatim, kunjungan panti jompo, dan lain-lain. Sehingga donatur tidak tau kalau diluar sana masih banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES (Ilmu Komputer dan Infromasi) > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 07:33 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 07:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/300 |
Actions (login required)
View Item |