Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X1 MIA Di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah

Rohmah, Wulandari Nur (2020) Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X1 MIA Di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116416 prabab.pdf

Download (822kB)
[img] Text
932116416 bab1.pdf

Download (550kB)
[img] Text
932116416 bab2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932116416 bab3.pdf

Download (456kB)
[img] Text
932116416 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
932116416 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
932116416 bab6.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932116416 daftar pustaka.pdf

Download (438kB)
[img] Text
932116416 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)

Abstract

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulakan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah guru. Oleh karena itu guru harus memiliki jiwa kewibawaan dalam dirinya. Kewibawaan guru adalah syarat mutlak dalam dunia pendidikan, dimana seorang guru harus memiliki suatu kelebihan totalitas kekuatan, dengan demikian semua perintah dan anjurannya harus ditaati oleh siswa dengan penuh kesadaran dan suka rela tanpa adanya paksaan. Sehingga dengan adanya kewibawaan yang dimiliki seorang guru,proses kegiatan belajar mengajar dikelas dapat berlangsung dengan baik. Merujuk pada hal tersebut tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kewibawaan guru kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah. 2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah. 3) mengetahui pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitiannya di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa berpedoman pada teknik sampling jenuh yang dikemukakan Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Kewibawaan guru di kelas XI MIA yaitu dengan rata-rata (mean) sebesar 43.5625 dan standar deviasi sebesar 6.92790, dengan menggunakan hasil perhitungan mean dan standar deviasi, peneliti membuat pedoman kategori 43-52 dengan real score dan didapatkan nilai rata-rata 43.5625, kemudian digolongkan kedalam score yang dikategorikan Selalu 2) Motivasi belajar siswa di kelas XI MIA yaitu menggunakan perhitungan variabel motivasi belajar siswa dengan menggunakan kuesioner diperoleh hasil deskripsi data bahwa tingkat motivasi belajar siswa di madrasah aliyah sunan gunung jati gurah terdapat 30% dalam kategori selalu 3) Pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIA menunjukkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima karena R Square sebesar .318. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh kewibawaan guru (variabel X) memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar (variabel Y) yaitu sebesar 31,8%, sedangkan sisanya yakni 68,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:07
Last Modified: 27 Dec 2021 02:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item View Item