Husna, Alik (2020) Strategi Guru PAI Dalam Membangun Minat Dan Kompetensi Baca Tulis Al-Quran Siswa Di SMPN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932114516 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932114516 bab1.pdf Download (294kB) |
|
Text
932114516 bab2.pdf Download (488kB) |
|
Text
932114516 bab3.pdf Download (160kB) |
|
Text
932114516 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
Text
932114516 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text
932114516 bab6.pdf Download (141kB) |
|
Text
932114516 daftar pustaka.pdf Download (175kB) |
|
Text
932114516 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat islam yang menjadi sumber amaliah untuk memahami, menguasai, mengamalkan dengan membutuhkan hasil yang optimal. Namun belum semua siswa mempunyai minat yang tinggi dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu guru PAI harus memiliki strategi dalam meningkatkan minat dan kompetensi baca tulis Al-Qur’an siswa. Dan salah satu strategi tersebut adalah dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler BTQ. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Kediri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: a) Untuk mendeskripsikan perlunya di kembangkan minat baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 4 Kediri, b) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam membangun minat dan kompetensi BTQ siswa di SMP Negeri 4 Kediri, c) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi guru PAI dalam membangun minat dan kompetensi baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, data-data penelitian melalui foto kegiatan dan juga data yang diperoleh dari waka kurikulum, dewan guru dan para siswa. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembina berupaya untuk mengembangkan minat siswa di SMPN 4 kediri dalam membaca Al-Qur’an dengan cara menyarankan siswa untuk mengikuti ekstra BTQ, Selain itu pembina juga selalu memberikan motivasi, 2) Strategi yang digunakan pembina dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an siswa adalah dengan diberikan arahan, diberikan motivasi, di ingatkan kembali niat anak mengikuti ektra tersebut untuk apa dan di sekolah tersebut juga terdapat target. 3) Faktor pendukung dari strategi guru pai dalam membangun minat dan kompetensi siswa adalah Adanya literasi Al-Qur’an, Adanya kegiatan ekstra BTQ. Faktor penghambatnya adalah kurangnya alokasi waktu, motivasi, dan kurangnya dukungan orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:03 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2985 |
Actions (login required)
View Item |