Upaya Guru SKI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Man 1 Blitar

Amalia, Sayida Zahra (2020) Upaya Guru SKI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Man 1 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105615 prabab.pdf

Download (463kB)
[img] Text
932105615 bab1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932105615 bab2.pdf

Download (311kB)
[img] Text
932105615 bab3.pdf

Download (184kB)
[img] Text
932105615 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
932105615 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
932105615 bab6.pdf

Download (93kB)
[img] Text
932105615 daftar pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932105615 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

Seorang guru perlu mengenal lebih mendalam tentang bakat, minat, motivasi, harapan-harapan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, guru dituntut untuk memiliki sikap terbuka dan sabar agar dengan hati yang jernih dan rasional dapat memahami siswanya apalagi jika siswanya mengalami kesulitan belajar. Maka dibutuhkan peran guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan konsentrasi mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam yang dialami oleh siswa kelas X di MAN 1 Blitar, 2) bagaimana upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan memahami mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X di MAN 1 Blitar, 3) bagaimana upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan mengingat mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X di MAN 1 Blitar, 4) apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X siswa di MAN 1 Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu dimulai dengan observasi, kemudian data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Sedangkan analisis data dengan langkah-langkah, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan penemuan menggunakan ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi, triangulasi data. Adapun hasil penelitian: 1) upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan konsentrasi mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam yang dialami oleh siswa kelas X di MAN 1 Blitar yaitu: guru membuat RPP sebelum memulai pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran bervariasi, pemanfataan media yang mendukung pembelajaran, 2) upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan memahami mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X di MAN 1 Blitar yaitu: mengadakan program remedial dan pengayaan, memberikan motivasi, memahami latarbelakang pendidikan siswa, 3) upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan mengingat mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X di MAN 1 Blitar yaitu: memberikan penilaian prestasi belajar siswa, memberikan penjelasan ke siswa bahwa pelajaran SKI itu penting dan memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari, mengklasifikasikan siswa. 4) faktor pendukung dan penghambat upaya guru SKI dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X siswa di MAN 1 Blitar yaitu: peran dari orangtua siswa, kurangnya jam yang efektif guru, pengaruh dari teman sebaya, sarana dan prasarana sekolah dan sumber belajar masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Dec 2021 10:02
Last Modified: 21 Dec 2021 10:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item