Palasari, Nanda Deah Ayu (2020) Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eskulin Cologne Gel (Studi Pada Siswa Tata Kecantikan SMKN 3 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931356715 prabab.pdf Download (281kB) |
|
Text
931356715 bab1.pdf Download (253kB) |
|
Text
931356715 bab2.pdf Download (245kB) |
|
Text
931356715 bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
931356715 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
Text
931356715 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text
931356715 bab6.pdf Download (85kB) |
|
Text
931356715 daftar pustaka.pdf Download (147kB) |
|
Text
931356715 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) |
Abstract
Kelompok acuan atau kelompok referensi adalah kelompok-kelompok yang memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang. Kelompok acuan merupakan salah satu faktor sosial yang mempengaruhi keputusan pembelian. Seberapa besar interaksi yang dilakukan oleh kelompok acuan dalam memberikan informasi terhadap suatu produk dapat mempengaruhi keputusan dalam pembelian sebuah produk. Penelitian ini bertujuan yang pertama, untuk mengetahui kelompok acuan pada siswa tata kecantikan di SMKN 3 Kediri terhadap keputusan pembelian produk Eskulin Cologne Gel. Kedua, untuk mengetahui keputusan pembelian siswa tata kecantikan di SMKN 3 Kediri terhadap produk Eskulin Cologne Gel. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian produk Eskulin Cologne Gel pada siswa tata kecantikan di SMKN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 125 responden pada siswa Tata Kecantikan di SMKN 3 Kediri yang telah melakukan pembelian terhadap produk Eskulin Cologne Gel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer didapat dari kuesioner yang disebar kepada responden dan data sekunder didapat dari data kurikulum sekolah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kelompok acuan (X) dan keputusan pembelian (Y) terhadap produk Eskulin Cologne Gel adalah dalam kategori tinggi, dan hubungan antara kelompok acuan (X) terhadap keputusan pembelian (Y) produk Eskulin Cologne Gel pada siswa Tata Kecantikan di SMKN 3 Kediri adalah sangat kuat dengan angka 0,710. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kelompok acuan (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai koefisien determinasi (R Square) diketahui sebesar 0,504 yang berarti sebesar 50,4% variabel keputusan pembelian di SMKN 3 Kediri di pengaruhi oleh kelompok acuan, sedangkan sisanya sebesar 49,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian, seperti faktor budaya, faktor pribadi, dan faktor psikologis.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 07:18 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 07:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2946 |
Actions (login required)
View Item |