Mardiana, Ade Putri (2020) Pengaruh Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas (Studi Pada Siswa SMAN 1 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931351515 prabab.pdf Download (305kB) |
|
Text
931351515 bab1.pdf Download (346kB) |
|
Text
931351515 bab2.pdf Download (298kB) |
|
Text
931351515 bab3.pdf Download (277kB) |
|
Text
931351515 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
931351515 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
Text
931351515 bab6.pdf Download (164kB) |
|
Text
931351515 daftar pustaka.pdf Download (227kB) |
|
Text
931351515 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
Abstract
Kelas Sosial adalah sebuah kelompok yang terbuka untuk para individu yang memiliki tingkat sosial yang serupa. Dalam kelas sosial terjadi pembedaan masyarakat kedalam kelas-kelas secara bertingkat, ada kelas yang tinggi, ada yang rendah. Kelas sosial (social class) merupakan pembagian masyarakat yang relatif permanen dan berjenjang di mana anggotanya berbagi nilai, minat dan perilaku yang sama. Keputusan pembelian adalah pemahaman konsumen tentang keinginan dan kebutuhan akan suatu produk dengan menilai dari sumber-sumber yang ada dengan menetapkan tujuan pembelian serta mengidentifikasi alternatif sehingga pengambil keputusan untuk membeli yang disertai dengan perilaku setelah melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelas sosial, keputusan pembelian, dan pengaruh kelas sosial terhadap keputusan pembelian pada sepatu merek adidas dengan studi pada Siswa SMAN 1 Kediri. Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Sampel penelitian ini adalah Siswa SMAN 1 Kediri dengan jumlah 202 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas sosial dan keputusan pembelian Siswa SMAN 1 Kediri memiliki tingkatan yang sedang dengan prosentase 42,55% pada variabel X dan 60,44% pada variabel Y dari total 202 responden. Tingkatan sedang yaitu Siswa yang melakukan pembelian 2-3 kali dalam setiap 5-10 bulan. Terdapat hubungan yang lemah antara kedua variabel dengan dibuktikan berdasarkan nilai korelasi 0,343. Dan besaran pengaruhnya yaitu 11,7% mempengaruhi dan 88,3% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor Budaya, Faktor Kelompok Referensi, Faktor Keluarga, Faktor Gaya Hidup, Faktor Motivasi, Faktor Persepsi, Faktor Kepercayaan dan Sikap.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 07:12 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 07:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2941 |
Actions (login required)
View Item |