Nuryasin, Nuryasin (2020) Peran Strategi NU Care-Lazisnu Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Menjadi Donatur (Studi Kasus Upzis NU Care-Lazisnu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931342815 prabab.pdf Download (478kB) |
|
Text
931342815 bab1.pdf Download (271kB) |
|
Text
931342815 bab2.pdf Download (351kB) |
|
Text
931342815 bab3.pdf Download (218kB) |
|
Text
931342815 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
931342815 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
931342815 bab6.pdf Download (90kB) |
|
Text
931342815 daftar pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text
931342815 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
Abstract
Gejolak-gejolak akibat kesenjangan di antara manusia yang sulit untuk dikontrol antara lain disebabkan karena banyak orang kaya yang dititipi harta seringkali tidak menjalankan kewajibannya untuk membantu orang yang faqir dan miskin. Sebagian orang justru memanfaatkan hartanya untuk mengeksploitasi harta sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan orang lain. Akhirnya kesenjangan ekonomi tidak dapat dihindari lagi. Karena itu Allah menurunkan syariat bagi manusia untuk menciptakan kesejahteraan dan kedamaian dibumi melalui zakat, infaq dan sedekah. Melihat fenomena tersebut penting bagi sebuah lembaga zakat untuk menetapkan dan menerapkan strategi khusus guna menarik minat masyarakat untuk mendonasikan hartanya pada lembaga zakat. Dan NU CARE LAZISNU Puncu sebagai lembaga zakat yang masih tergolong baru berdiri cukup menunjukkan perkembangan yang baik dalam hal peningkatan jumlah donatur. Hal ini tidak terlepas dari strategi yang diterapkan oleh mereka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis mengenai fakta, sifat serta hubungan antar fenomena pengembangan minat masyarakat Puncu untuk menjadi donatur NU CARE LAZISNU Puncu. Adapun dalam pengambilan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisa data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh NU CARE-LAZISNU Puncu dilakukan melalui 4 strategi, yakni : 1) Menjalin hubungan baik dengan kelompok-kelompok masyarakat, 2) memberikan pelayanan terbaik serta kemudahan bagi donatur atau calon donatur, 3) meningkatkan kualitas SDM/Pengurus, 4) Aktif promosi secara offline maupun online. Sedangkan peran dari penerapan strategi tersebut adalah didapatinya peningkatan atau perkembangan jumlah donatur selama 3 tahun berdiri. Yakni terjadi peningkatan dari tahun 2017 sebanyak 2.102 donatur pada tahun 2018 dan kemudian terjadi peningkatan jumlah donatur kembali sebanyak 548 orang menjadi 3.222 donatur pada akhir tahun 2019.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:22 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2928 |
Actions (login required)
View Item |