Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Barang Bekas Secara Online Di Tinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Iain Kediri Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan Tahun 2014)

Rohman, Miftakul (2020) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Barang Bekas Secara Online Di Tinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Iain Kediri Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan Tahun 2014). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931320713 prabab.pdf

Download (824kB)
[img] Text
931320713 bab1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
931320713 bab2.pdf

Download (791kB)
[img] Text
931320713 bab3.pdf

Download (221kB)
[img] Text
931320713 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
931320713 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
931320713 bab6.pdf

Download (287kB)
[img] Text
931320713 daftar pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
931320713 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Perkembangan masyarakat dalam berbelanja baik di toko hingga secara online. Pada setiap kesempatan pembelian secara online menjadi perbincangan oleh sebagian kalangan mahasiswa, karena dengan kemudahannya diakses di media sosial. Mahasiswa sebagai konsumen rata-rata membeli produk pakaian, tas, sepatu, handphone dan barang-barang lain untuk menunjang kegiatan kuliah mereka. Pola konsumsi mahasiswa barang kebutuhan mengalami peningkatan dengan alasan untuk mengikuti trend. Mahasiswa di Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri sebagai bagian dari perempuan muda juga termasuk dalam fenomena perempuan Islam yang bergaya busana hijab dimana, 425 dari 200 mahasiswi tergabung dalam grub Online Shop dan memiliki aplikasi jual beli online di handphone mereka. Sebuah permasalahan muncul ketika mahasiswa mengembangkan perilaku yang mengarah ke pola konsumtif dengan memenuhi kebutuhan secara berlebihan. Sebagai representasi masyarakat muslim Indonesia tentunya dalam hal konsumsi mempunyai prinsip-pinsip tersendiri yang sesuai dengan anjuran agama. Berangkat dari konteks ini, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana perilaku konsumsi Mahasiswi di Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri dalam melakukan pembelian barang bekas online dan meninjau perilaku tersebut kedalam prinsip konsumsi dalam islam. Dalam penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, kehadiran peneliti di lokasi penelitian sangat penting karena peneliti untuk mengangkat apa yang ada di lapangan. Ungkapan dan tindakan yang di peroleh dari Mahasiswi di Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan tahun 2014 merupakan sumber data primer, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Perilaku konsumen dalam hal ini adalah mahasiswa IAIN Kediri Program Studi Ekonomi Syariah dalam melakukan pembelian barang bekas online termasuk ke dalam jenis konsumen yang rasional dan irrasional, membeli dengan persepsi kemudahan. Perilaku mahasiswa dalam membeli barang bekas online yang irrasional atau konsumtif tidak sesuai dengan prinsipprinsip syariah pada ayat al-quran surat al-an’am ayat 162 tentang tujuan utama konsumsi dan al-quran surat Al-Isra’ ayat 26-27 tentang larangan israf (boros dan berlebih-lebihan), namun perilaku mahasiswa lainnya yang rasional masih sesuai dengan prinsip konsumsi islam seperti prinsip syariah, prinsip prioritas dan prinsip moralitas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:50
Last Modified: 01 Dec 2021 23:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2888

Actions (login required)

View Item View Item