Analisis Strategi Bisnis Halal Fashion Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Syariah Marketing (Studi Kasus pada Butik Earth Fashion Kediri)

Amien, Adelita Cikita Izzmi (2020) Analisis Strategi Bisnis Halal Fashion Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Syariah Marketing (Studi Kasus pada Butik Earth Fashion Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931318016 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931318016 bab1.pdf

Download (659kB)
[img] Text
931318016 bab2.pdf

Download (537kB)
[img] Text
931318016 bab3.pdf

Download (615kB)
[img] Text
931318016 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
931318016 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
931318016 bab6.pdf

Download (14kB)
[img] Text
931318016 daftar pustaka.pdf

Download (405kB)
[img] Text
931318016 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Strategi bisnis merupakan suatu keputusan atau tindakan yang membantu seorang pengusaha dalam mencapai tujuan agar bisnis usahanya berjalan lancar. Bisnis halal fashion merupakan bisnis usaha dibidang fashion yang harus bernilai halal dan syariah yang sesuai kaidah busana muslim dan tidak melanggar aturan syariah. Strategi bisnis usaha fashion muslim harus memperhatikan marketing syariah yang benar, Marketing syariah merupakan pengelolaan bisnis dengan menerapkan segala bentuk aturan yang sesuai dengan kaidah muslim. Mengingat pentingnya marketing syariah dalam suatu bisnis halal fashion, maka penilitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis dalam meningkatkan penjualan sesuai dengan persepektif marketing syariah di Butik Earth Fashion. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan pemaparan data, serta analisa yang digunakan yaitu reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Strategi bisnis yang digunakan oleh butik Earth Fashion yaitu meliputi: Mengambil produk fashion dengan harga grosir, menyediakan jenis produk fashion yang Trend, merekrut Karyawan yang Berhijab untuk Iklan Produk, mengadakan Giveaway, discount Potongan Harga, bonus Pembelian, dan Member Card Produk. 2. Strategi yang digunakan butik Earth Fashion sudah sesuai dengan prinsip syariah marketing, tetapi ada beberapa strategi yang menuai perbedaan pendapat. Seperti pemberian hadiah giveaway yang tidak jelas bentuk barang yang dijanjikan memicu hal-hal yang dapat dianggap seperti garar karena menguntungkan salah satu pihak hal tersebut kurang sesuai dengan prinsip syariah marketing. Dan strategi member card menuai perbedaan pendapat, antara diperbolehkan fatwa DSN MUI dengan alasan dipandang saling menguntungkan, dan ada jenis kartu yang dilarang oleh ulama kontemporer dengan alasan nominal diskon dalam kartu tersebut tidak jelas dan dianggap gharar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:16
Last Modified: 01 Dec 2021 02:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item