مشكالت سيكولوجية الطالب يف تعلم اللغة العربية )دراسة حالة يف الفصل العاشر من ادلدرسة الثانوية اإلسالمية احلكومية 1 كديري)

Ainia, Iva (2020) مشكالت سيكولوجية الطالب يف تعلم اللغة العربية )دراسة حالة يف الفصل العاشر من ادلدرسة الثانوية اإلسالمية احلكومية 1 كديري). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505817 prabab,1,2,3.pdf

Download (781kB)
[img] Text
932505817 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
932505817 6,dp.pdf

Download (590kB)

Abstract

Problematika Psikologi Siswa dalam Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus di Kelas X MAN 1 Kediri) : Penelitian ini berangkat dari sebuah keprihatinan atas berbagai persoalan yang dihadapi oleh guru ketika pelajaran bahasa Arab khususnya keadaan psikologis siswa di kelas X MAN 1 Kediri. Seperti yang kita ketahui, begitu pentingnya psikologi dalam belajar, karena dari situ guru dapat mengetahui bagaimana keadaan siswa tersebut sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai tujuan dan yang diharapkan. Psikologi memiliki peran penting, apalagi dalam belajar bahasa Arab. Berhubungan dengan hal itu, banyak siswa yang masih merasa sulit ketika belajar bahasa Arab, bagi sebagian mereka bahasa Arab lebih sulit daripada bahasa Inggris, karena dari awal mereka sudah berpikiran seperti itu, maka ketika pembelajaran mereka lebih memilih tidur. Berkenaan dengan keadaan tersebut, peneliti melakukan penelitian yang membahas tentang problematika psikologi siswa di kelas X di MAN 1 Kediri ketika belajar bahasa Arab. Berhubungan dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Problematika psikologi siswa dalam belajar bahasa Arab di kelas x man 1 kediri, 2. Usaha yang dilakukan guru bahasa arab dalam mengatasi problematika tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, teknik wawancara mendalam, dan kehandalannya melalui trianggulasi metode dan sumber. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan tentang problematika psikologi siswa, sebagai berikut: 1. Kecemasan, 2. Stress, 3. Depresi. Adapun usaha yang dilakukan guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika tersebut adalah: 1. Membantu siswa untuk mengubah cara pandang tentang pelajaran bahasa Arab yang mereka anggap sulit, 2. Mengurangi tugas siswa, 3. Memberikan bimbingan khusus pada siswa yang mengalami permasalahan psikologis, 4. Memberi nasehat pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:47
Last Modified: 25 Nov 2021 03:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item