Rosadi, Moh. Imron (2020) مشكالت التعليم عن بعيد يف مادة اللغة العربية لطالب الفصل الثامن ابملدرسة املتواسطة السالمية هداية الصاحلني غورة كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932503916 prabab,1,2,3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932503916 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (992kB) |
|
Text
932503916 6,dp.pdf Download (914kB) |
|
Text
932503916 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
“Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin Gurah Kediri : Pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dengan memanfaatkan media telekomunikasi untuk dapat melakukan interaksi atau pemberian materi. Dalam pembelajaran jarak jauh ini pasti kita menemukan sebuah problematika dalam pembelajaran tersebut, problemtatika itu timbul baik dari pendidik, peserta didik ataupun kondisi kelas. Seperti halnya pembelajaran jarak jauh pada pelajaran bahasa arab yang diterapkan oleh pendidik di MTs hidayatus Sholihin Gurah Kediri, masih terdapat berbagai problematika. Dengan demikian peneliti ingin mengetahui lebih dalam kendala apa saja yang terjadi saat pembelajaran jarak jauh, tujuanya yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran jarak jauh pada pelajaran bahasa arab. 2). Untuk mengetahui problematika siswa saat pemebelajaran jarak jauh, 3). Untuk mengetahui problematika yang dihadapi pendidik 4). Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan pendidik utuk mengatasi problematika saat pembelajaran bahasa arab secara jarak jauh. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana peneliti mengambarkan, menjelaskan dan memaparkan data yang telah dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data ini menggunakan teori Miles dan Hiberman yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji kredibilitas keabsahan data yaitu dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian: 1) Dalam proses pembelajaran jarak jauh pada pelajaran bahasa arab pendidik menggunakan hanphone atau komputer pada materi “jam” dengan melalui beberapa media diantaranya whatsapp, chanel youtube dan link yang mendukung pembelajaran. 2) Problematika pada siswa diantaranya, sulit memahami materi, jaraingan tidak stabil dan kehabisan kuota. 3) Problematika bagi pendidik yaitu Proses pembelajaran menggunakan media masih belum maksimal, Kurangnya pemahaman siswa ketika melakukan proses pembelajaran jarak jauh, Sulit menyesuaikan perencanaan dengan pelaksanaan, Kesulitan evaluasi pada materi kalam, Pengelolaan kelas kurang hidup. 4) Upaya yang dilakukan pendidik diantaranya Memaksimalkan dalam menyampaikan materi, dan penggunaan media pembelajaran, Menjelaskan kembali dan menyuruh siswa agar lebih cermat lagi serta memutar kembali materi yang disampaikan berupa audio dan audiovisual, Memberi peringatan kepada siswa agar selalu on time dalam mengikuti pembelajaran, Memberikan Motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 04:27 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 04:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2806 |
Actions (login required)
View Item |