Hasanah, Cantika Uswatun (2020) مساهمة برنامج الدرس اإلضافي للغة العربية في إنجاز تعلم اللغة العربية لطالب الفصل السابع 7102 -71 ن المدرسة المتوسطة اإلسالمية الحكومية الثانى كديرى. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932503213 prabab,1,2,3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932503213 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
Text
932503213 6,dp.pdf Download (464kB) |
|
Text
932503213 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
Abstract
Kontribusi Program Pelajaran Tambahan Bahasa Arab Terhadap Prestasi Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 7 2017-2018 MTs Negeri 2 Kediri : Pelajaran Tambahan adalah program belajar yang dilaksanakan di luar program intrakulikuler sekolah. Artinya kegiatan belajar tambahan dilaksanakan setelah program belajar di sekolah telah berakhir. Pembimbing berasal dari guru mata pelajaran disekolah bersangkutan maupun dari luar sekolah. Dan dalam pelaksanaannya dilakukan pada sore hari. Adapun rumusan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan program pelajaran tambahan bahasa arab kelas 7 di MTs negeri 2 Kediri?(2) Apa kontribusi program pelajaran tambahan bahasa arab kelas 7 di MTs negeri 2 Kediri?(3) Apa saja masalah yang muncul pada program pelajaran tambahan bahasa arab kelas 7 di MTs Negeri 2 Kediri? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah didalam pelaksanaan program pelajaran tambahan bahasa arab ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan pembelajaran dikelas yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup. Serta terdapat 2 tes yang digunakan sebagai patokan perkembangan prestasi siswa dalam kegiatan pelajaran tambahan ini. yaitu pre-test dan post-test. kontribusi pelajaran tambahan bahasa arab yang ditemukan peneliti:1.Daya tangkap siswa meningkat dengan adanya metode baru dari tutor. Seperti bermain game, kuis, praktik dan lainnya,2.Keahlian dan keterampilan berbahasa siswa meningkat mulai dari percakapan, pemahaman materi dan bacaan,3. Kepercayaan diri pada kemampuan diri siswa meningkat. Adapun problem yang ditemukan peneliti: a.Kosakata pada siswa kurang sehingga kesulitan dalam menjawab pertanyaan, solusi mengajak siswa aktif berbicara dan menghafal kosakata.b.Menyelaraskan ide strategi tutor untuk mengajar dikelas dengan adanya 2 tutor dalam satu kelas, solusi komunikasi dan kerjasama tutor sebelum mengajar.c.Waktu kegiatan pelajaran tambahan ini hanya 1 jam dan dilaksanakan di sore hari sehingga sulit untuk membangun semangat belajar siswa dan suasana belajar yang kondusif dikelas, solusi meningkatkan inovasi mengajar tutor dikelas termasuk penggunaan media atau game.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 01:55 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 01:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2790 |
Actions (login required)
View Item |