Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa Di MTsN 7 Kediri

Indrawati, Lusiana (2021) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa Di MTsN 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113617 prabab Lusiana Indrawati.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932113617 BAB I Lusiana Indrawati.pdf

Download (444kB)
[img] Text
932113617 BAB II Lusiana Indrawati.pdf

Download (465kB)
[img] Text
932113617 BAB III Lusiana Indrawati.pdf

Download (576kB)
[img] Text
932113617 BAB IV Lusiana Indrawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
932113617 BAB V Lusiana Indrawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
932113617 BAB VI Lusiana Indrawati.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932113617 Daftar Pustaka Lusiana Indrawati.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932113617 Lampiran Skripsi Lusiana Indrawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada satuan pendidikan proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Salah satunya dalam pembelajaran akidah akhlak. Pembelajaran akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang memiliki kontribusi besar dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk perbaikan kualitas pendidikan ini adalah dengan melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah suatu proses yang penting serta mendasar dalam berbagai sistem pendidikan di Indonesia karena dalam hal ini menyangkut pembentukan jiwa serta perilaku yang berkenaan dengan akhlak atau budi pekerti yang khas. Oleh karena itu, pendidikan karakter ini diharapkan bisa meningkatkan mutu dalam penyelenggaraan serta hasil pendidikan di sekolah yang mengarah kepada pencapaian pembentukan akhlak mulia dan karakter siswa secara terpadu. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana penerapan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk pendidikan karakter siswa di MTsN 7 Kediri? 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk pendidikan karakter siswa di MTsN 7 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk tahap penelitian ada 4 tahap yaitu: tahap sebelum terjun ke lapangan, tahap pelaksanaan di lapangan, tahap analisis data, dan tahap pelaporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk pendidikan karakter siswa di MTsN 7 Kediri, yaitu menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode quiz, metode pembiasaan, dan metode presentasi. 2). Faktor pendukung pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk pendidikan karakter siswa di MTsN 7 Kediri, yaitu keluarga (orang tua), guru, dan kurikulum. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu lingkungan, media sosial, dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Oct 2021 01:12
Last Modified: 27 Oct 2021 01:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2642

Actions (login required)

View Item View Item