Peran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Divisi Pembiayaan Bank Jatim Syariah Cabang Kediri Ditinjau Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Insani

Renando, Ambran Digas (2020) Peran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Divisi Pembiayaan Bank Jatim Syariah Cabang Kediri Ditinjau Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Insani. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931405116 prabab.pdf

Download (477kB)
[img] Text
931405116 bab1.pdf

Download (605kB)
[img] Text
931405116 bab2.pdf

Download (507kB)
[img] Text
931405116 bab3.pdf

Download (142kB)
[img] Text
931405116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
931405116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
931405116 bab6.pdf

Download (112kB)
[img] Text
931405116 daftar pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
931405116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang bergerak di bidang jasa keuangan. Persaingan lembaga keuangan perbankan semakin ketat. Kinerja bank Jatim Syariah menunjukkan peningkatan signifikan di tahun 2019, khususnya di sektor pembiayaan. Hasil observasi awal menunjukkan mayoritas karyawan berpendapat pendidikan paling berperan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Bank Jatim Syariah Kantor Cabang Kediri Ditinjau Dari Manajemen Sumber Daya Insani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga mampu menggali informasi lebih dalam tentang profesi bankir. Narasumber dalam penelitian ini adalah karyawan di Bank Jatim Syariah KC Kediri dengan pimpinan dan karyawan yang berjumlah 8 orang. Penelitian ini menggunakan Teori Max Darsono. Dengan klasifikasi pendidikan menjadi beberapa aliran pendidikan. Menurut Max Darsono ada 4 macam aliran dalam pendidikan, yaitu behaviorist, kognitif, gestlat, dan humanist. Hasil penelitian yang dilakukan pada Bank Jatim Syariah KC Kediri didapati bahwa mayoritas karyawan menjadikan pendidikan behaviorist yang berarti membiasakan diri sebagai bentuk pendidikannya yaitu sebanyak 3 (tiga) orang. Yang kedua yaitu pendidikan gestlat yang berarti mengatur dan mengorganisir sebagai bentuk pendidikannya sebanyak 2 (dua) orang. Sedangkan pendidikan kognitif dan humanist masing-masing sebanyak 1 orang. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja karyawan devisi pembiayaan. Pencapaian kinerja di Bank Jatim terus mengalami peningkatan. Dari segi penyaluran dana pada periode tahun 2015 hingga tahun 2019 BJS mengalami peningkatan tertinggi sebesar 28,16 % di tahun 2019. Ditinjau dari Manajemen Sumber Daya Insani, pendidikan termasuk pada tahap perencanaan dan pengembangan SDI. Pendidikan untuk merencanakan jenjang karier karyawan serta pendidikan merupakan upaya untuk pengembangan SDI, terutama untuk pengembanngan kemampuan intelektual dan kepribadian. Sedangkan adanya penilaian kinerja merupakan bagian tahap evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:57
Last Modified: 18 Oct 2021 02:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item