Konsep Pendidikan Kaum Feminis RA. Kartini dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam

Azizah, Latifatul (2020) Konsep Pendidikan Kaum Feminis RA. Kartini dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120216 praBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120216 BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
932120216 BAB II.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932120216 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
932120216 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
932120216 BAB V penutup.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932120216 LAMPIRAN- LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

Pendidikan Islam menempatkan manusia secara seimbang. Islam menganjurkan persamaan dan peluang antara laki-laki dan perempuan dalam belajar. Pendidikan yang diyakini oeh kartini dapat membentuk kemampuan seseorang untuk berfikir secara rasional dan obyektif. Kartini berharap bahwa perempuan bisa memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki. Islam menyerukan adanya persamaan dan peluang yang sama dalam belajar, sehingga terbukalah kesadaran untuk belajar bagi semua orang, tanpa adanya perbedaan antara si kaya maupun si miskin dan status sosial ekonomi, serta tidak pula perbedaan jenis kelamin. Laki-laki dan perempuan harus dipandang sama dalam bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan kaum feminis dalam islam, untuk mengetahui pemikiran RA. Kartini dan untuk mengetahui relevansinya pemikiran RA. Kartini dengan konsep pendidikan kaum feminis dalam islam. Pemelitian ini menggunakan penelitian kualitaatif dengan jenis kajian pustaka. Sedangkan untuk menganalisisnya menggunakan metode content analiys yaitu menganalisis isi,buku, jurnal berdasarkan konsep pendidikan feminis Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Relevansi konsep pendidikan feminis RA. Kartini dalam islam diantarannya : Setiap manusia memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama sebagai hamba allah dengan alqur’an surat al luqman ayat14 dan hadist riwayat musa, perempuanlah yang dapat membolak-balikkan harkat martabat bangsa dalam hadist bukhori, mampu menanamkan moralitas yang akan membentuk watak yang baik dalam hadist riwayat tirmidzi, pendidikan yang sama dalam alqur’an surat al hujurat ayat 13, memperoleh keilmuan dan kebaikan menuju perubahan pola sikap dan perilaku menjadi lebih baik dalam alqur’an surat al Mujadalah ayat 11.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:50
Last Modified: 24 Sep 2021 02:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item