Khasanah, Nana Uswatun (2021) Program Kajian Kitab Safinatun Najah dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih di MTs Darul Hikmah Jabon Drenges Kertosono Tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932103817 Pra bab.docx.pdf Download (1MB) |
|
Text
932103817 Bab 1.docx.pdf Download (557kB) |
|
Text
932103817 Bab 2.docx.pdf Download (557kB) |
|
Text
932103817 Bab 3.docx.pdf Download (483kB) |
|
Text
932103817 Bab 4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
Text
932103817 Bab 5.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text
932103817 Bab 6.docx.pdf Download (291kB) |
|
Text
932103817 Daftar Pustaka.docx.pdf Download (312kB) |
|
Text
932103817 Lampiran.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan adalah suatu yang dapat menuntut anak dalam menjalani kodrat sebagai manusia. Di Indonesia, pendidikan dibagi menjadi 3 jalur utama yaitu formal, nonformal, dan informal. Pendidikan juga tidak hanya membutuhkan pengetahuan umum melainkan juga pengetahuan agama, salah satunya adalah pengetahuan fikih. Fikih adalah ilmu yang membahas tentang persoalan hukum yang mengatur aspek kehidupan dalam masyarakat dan manusia dengan Tuhannya. Diantara kitab fikih yang ditulis para ulama adalah kita Safinatun Najah yakni kitab dasar yang berisi tentang kajian ilmu fikih. Kitab ini juga yang digunakan sekolah MTs Darul Hikmah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan mengambil lokasi di MTs Darul Hikmah Jabon Drenges Kertosono. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder, sedangkan analisis data yang peneliti gunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan trianggulasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa program kajian kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan prestasi belajar fikih di MTs Darul Hikmah yaitu: 1) perencanaan program kajian kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman materi fikih ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang kurang paham dengan masalah ibadah, dan sekolah yang ingin memiliki ciri khas agar siswa mampu membaca dan menulis pegon, sosialisasi yang dilakukan pada saat rapat dewan guru untuk mencari solusi yang akhirnya dikeluarkan surat keputusan tentang program kajian kitab Safinatun Najah., sekolah tetap menggunakan kurikulum yang ada disekolah yaitu kurikulum mulok 2013. 2) pelaksanaan program kajian kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman materi fikih menggunakan kegiatan pembuka dan penutup dengan salam dan do’a, sedangkan metodenya menggunakan metode bandongan,sorogan dan praktek, 3) evaluasi dalam program kajian kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman materi fikih menggunakan tes tulis dan tes lisan dengan ujian semester dan akhir semester, sedangkan analisis evaluasi menggunakan model CIPP, dan 4) dampak adanaya program kajian kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman materi Fikih bagi siswa adalah siswa lebih memeahami dan mudah mengingat materi fikih dan Safinatun Najah, dan siswa bisa langsung praktek dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 03:35 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 03:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2556 |
Actions (login required)
View Item |