Rohmah, Toida (2020) Kinerja Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMAN 5 Kota Kediri yang Berubah Menjadi SMA Taruna Brawijaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111113 prabab.pdf Download (237kB) |
|
Text
932111113 bab1.pdf Download (120kB) |
|
Text
932111113 bab2.pdf Download (193kB) |
|
Text
932111113 bab3.pdf Download (162kB) |
|
Text
932111113 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text
932111113 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Text
932111113 bab6.pdf Download (40kB) |
|
Text
932111113 DAFTAR PUSTAKA fix.pdf Download (143kB) |
|
Text
932111113 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan pemimpin dalam lemabaga sekolah, kinerjanya dalam menjalankan kepemimpinan sangat menentukan hasil dan pencapaian-pencapaian dari para karyawan khususnya guru yang menjadi tumpuan dalam proses pembelajaran yang akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas sesuai tujuan pendidikan. Maka dari itu, kepala sekolah sebagai supervisor memiliki tugas dalam meningkatkan kompetensi guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kepala sekolah membimbing guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik di SMAN 5 Kota Kediri (2) Bagaimana kepala sekolah melatih guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik di SMAN 5 Kota Kediri (3) Bagaimana kepala sekolah memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya di SMAN 5 Kota Kediri (4) Bagaimana intensitas pelaksanaan supervisi di SMAN 5 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMAN 5 Kota Kediri, tim supervisi SMAN 5 Kota Kediri, waka kurikulum SMAN 5 Kota Kediri dan para guru di SMAN 5 Kota kediri. Sedangkan untuk analisi data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Bimbingan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan cara melakukan bimbingan langsung seperti memberikan bimbingan dan arahan pada kegiatan rapat guru, melakukan percakapan langsung dengan guru terkait kegiatan pembelajaran, dan memberi pengararahan guru untuk memanfaatkan media dan fasilitas pembelajaran yang ada dengan maksimal. (2) Pelatihan yang diberikan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dilakukan dengan mengadakan pelatihan khusus di sekolah sendiri dan mengikutsertakan guru pada pelatihan/ workshop yang diadakan oleh lembaga atau sekolah lain. Untuk pelatihan terkait pengembangan media dan fasilitas pembelajaran kepala sekolah mendatangkan narasumber untuk melakukan pelatihan di sekolah. (3) Motivasi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah dengan pemberian reward atau penghargaan berupa pujian, piagam penghargaan, memuat profil guru pada bulletin sekolah, dan kenaikan pangkat. Selain motivasi juga diberlakukan sanksi, mulai sanksi ringan berupa teguran atau arahan, sampai sanksi berat pemecatan. Penyediaan fasilitas yang menunjang juga bagian dari motivasi yang diberikan, fasilitas yang disediakan di sekolah sudah lengkap dan memadai (4) Intensitas pelaksanaan supervisi di SMAN 5 Kota kediri, supervisi dilaksanakan setiap semester sekali, durasi waktunya 2jam pelajaran, memberikan bimbingan yang berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 03:54 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 03:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2526 |
Actions (login required)
View Item |