Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abdurrahman Wahid dan Relevansinya Dengan Moderasi Beragama di Indonesia

Aziz, Mohammad Abdul (2021) Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abdurrahman Wahid dan Relevansinya Dengan Moderasi Beragama di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131217 prabab.pdf

Download (980kB)
[img] Text
932131217 1,2.pdf

Download (660kB)
[img] Text
932131217 3,4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
932131217 5,dp,lamp.pdf

Download (828kB)

Abstract

Negara Indonesia adalah negara yang berada dalam berbagai macam keberagaman. Perbedaan yang ada di negara Indonesia menjadi peluang agar manusia belajar untuk saling memahami dan menyayangi satu sama lain. Namun, apabila manusia salah mengambil kesimpulan tentang kenyataan ini maka kemungkinan besar konflik antar golongan bisa saja terjadi. Disinilah pentingnya suatu konsep pendidikan yang dapat menjadikan manusia saling mengerti akan keberagaman. Gus Dur hadir dengan konsep pendidikan Islam nya, dengan metode yang berdasarkan masyarakat madani. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Konsep pendidikan Islam perspektif Gus Dur. 2) Moderasi beragama di Indonesia. 3) Relevansi antara konsep pendidikan Islam perspektif Gus Dur dengan moderasi ebragama di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu bahan atau datanya berasal dari sumber-sumber tertulis. Adapun analisis datanya dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Analisis isi merupakan suatu teknik untuk membuat simpulan dari sebuah buku atau dokumen dengan mengindetifikasikan karakteristik khusus secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian konsep pendidikan Islam perpektif Gus Dur adalah 1) pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman, memadukan antara ilmu klasik dan ilmu modern tanpa menghilakan esensi ajaran islamnya, serta mampu merangsang intelektual peserta didik dengan cara menghilangkan pendidikan yang bersifat doktrinan. 2) Sedangkan moderasi beragama di Indonesia sudah berjalan dengan baik. Indonesia telah menerapkan keseimbangan yang patut menjadi contoh, namun Indonesia tetap harus memperkokoh keseimbangannya mengingat sampai saat ini masih terdapat gesekan atau konflik dibeberapa daerah. 3) Adapaun relevansi konsep pendidikan Islam perspektif Gus Dur dengan moderasi beragama di Indonesia terdapat beberapa poin antara lain, a) multikultural. b) pembebasan. c) humanisme. d) inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Aug 2021 02:53
Last Modified: 20 Aug 2021 02:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item