Strategi Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Relevansinya Pada Minat Belajar Siswa Kelas XI Ma Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kabupaten Kediri

Syofiyyullah, Mochammad Abdar (2020) Strategi Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Relevansinya Pada Minat Belajar Siswa Kelas XI Ma Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102115 prabab.pdf

Download (954kB)
[img] Text
932102115 bab1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932102115 bab2.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932102115 bab3.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932102115 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
932102115 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
932102115 bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932102115 daftar pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932102115 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)

Abstract

Sebagai seorang guru khususnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islamdituntut untuk selalu kreatif daninovatif dalam proses pembelajaran agar dapat membangkitkan minatbelajar siswa. Berhasil atau tidaknyakurikulum pendidikan yang telah direncanakan/ditetapkan kuncinya adalah terletak pada proses belajar mengajarnya. Proses belajar akan berjalan dengan lancar apabila ada minat. Oleh karena itu, guru harus mampu merangsang minat siswa pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Salah satunya adalah cara mengajar guru didalam kelas. Fokus masalah pada penelitian iniadalah: 1) Bagaimanastrategi guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kabupaten Kediri;2) Bagaimana dampak strategi gurupada minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MA Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah dengan menggunakan pendekatan individu dan kelompok, menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, menggunakan penugasan atau resitasi, serta menggunakan mind maping sebagai media pembelajarannya. Sistem penilaiannya menggunakan poin (plus dan minus) sertapunishment and reward. 2) Dampak dari strategi yang digunakan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan minat siswa kelas XI MA Raudlatut Thalabah yang dapat dilihat melalui tingkat perhatian siswa saat guru menerangkan, absensiatau daftar hadir yang selalu penuh saat pelajaran, dan tingkat partisipasi siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:43
Last Modified: 19 Aug 2021 04:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item