Model Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) di Mts Miftakhul Ulum Jombang

Ainiyah, Riska Nur (2020) Model Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) di Mts Miftakhul Ulum Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100716 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932100716 bab1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932100716 bab2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
932100716 bab3.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932100716 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
932100716 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
932100716 bab6.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932100716 daftar pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932100716 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah sebagai mukjizat yang turun kepada Nabi Muhammad mana membacanya yang diawali dengan surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-Nas, mempelajari Al-Qur’an juga tidak mudah, harus memiliki metode yang pas sehingga pembelajaran Al-Qur’an bisa berjalan dengan lancar. Fokus penelitian ini adalah: (1) model yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis AL-Qur’an (BTQ) di MTs Miftahul Ulum Jombang. (2) penerapan model pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs Miftahul Ulum Jombang. (3) keberhasilan penerapan model pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) di MTs Miftahul Ulum Jombang. Populasi penelitian yaitu Guru dan peserta didik MTs Miftahul Ulum Jombang. Penulis, dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dengan teknik wawancara terhadap guru dan peserta didik MTs Miftahul Ulum Jombang. Dalam wawancara penulis menyusun terlebih dahulu pertanyaanpertanyaan yang diajukan kepada responden, namun susunan pertanyaan tersebut digunakan untuk menuntun arah wawancara bukan untuk mendikte wawaancara tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, (1) model yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qu’an (BTQ) di MTs Miftahul Ulum Jombang dengan model pembelajaran pendekatan aktif, yang dimana semua siswa terlibat didalamnya, didalam pembelajaran pendekatan aktif menggunakan metode untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Metode tersebut yaitu metode ummi, metode tartil, dan metode tilawati. (2). Penerapan model pembelajaran di di MTs Miftakhul Ulum Jombang ini dapat dilihat pada indikasi peranan guru dalam proses belajar mengajar yang meliputi, penguasaan materi, penguasaan metode, cara menyampaikan materi sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan, membimbing para siswa yang belum mampu dalam baca tulis al- Qur’an serta memberi motivasi kepada siswa yang kurang minat dalam mempelajari baca tulis al-Qur’an. (3). Keberhasilan penerapan model pembelajaran BTQ di MTs Miftakhul Ulum Jombang ini sudah dikatakan berhasil, dilihat dari banyaknya siswa yang sudah mampu membaca Al-Qur,an dengan baik dan benar dan banyaknya siswa yang mendapat juara saat mengikuti lomba BTQ.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 18 Aug 2021 06:17
Last Modified: 18 Aug 2021 06:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item