Komunikasi Pemasaran Aqiqah Nurul Hayat Kediri

Puspito, Ahmad Wijanarko (2020) Komunikasi Pemasaran Aqiqah Nurul Hayat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933500613 prabab.pdf

Download (275kB)
[img] Text
933500613 bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
933500613 bab2.pdf

Download (216kB)
[img] Text
933500613 bab3.pdf

Download (173kB)
[img] Text
933500613 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
933500613 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
933500613 bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
933500613 daftar pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] Text
933500613 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran orang tua untuk mengadakan aqiqah untuk anaknya, menjadi peluang usaha sebagian orang atau lembaga untuk membuka jasa aqiqah. Ada banyak pihak-pihak yang membuka jasa aqiqah, baik perorangan maupun kelembagaan. Umumnya, jasa aqiqah terdapat pada pengusaha catering atau penjual sate, namun ada juga yang merupakan bagian dari program bisnis dari sebuah lembaga zakat, infak, dan sedekah. Ada beberapa lembaga atau badan usaha aqiqah di Kota Kediri , yang disinyalir telah memiliki status legal formal yang berlaku, diantaranya SARIRASA Aqiqah & Catering, Aqiqah Bunayya, Aqiqah Mandiri & Catering dan Aqiqah Nurul Hayat Kediri. Salah satu dari lembaga atau badan usaha aqiqah yang telah memiliki nama besar adalah Aqiqah Nurul Hayat. Aqiqah Nurul Hayat beriringan dengan Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat, sehiingga penulis tertarik untuk meneliti dan berfokus pada bagaimana bauran komunikasi pemasaranya dan faktor penghambat dan pendukung dari pelaksanaan komunikasi pemasaran. Branding Nurul Hayat sebagai lembaga yang terpercaya dan berpegang pada syariat Islam menjadi daya tarik khalayak untuk menggunakan jasa layanan Aqiqah Nurul Hayat Kediri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini nantinya mendeskripsikan tentang strategi pencitraan yang diterapkan oleh unit usaha Aqiqah Nurul Hayat Cabang Kediri dalam upaya meraih minat konsumen. Dalam pendekatan kualitatif, proses riset berawal dari suatu observasi lokasi penelitian. Pendekatan ini bersifat menjelajah, teori berfungsi sebagai pisau analisis yang membantu peneliti untuk memaknai data. Hasil penelitian menunjukan bauran komunikasi Aqiqah Nurul Hayat antara lain produk yang menjadi bisnis usaha memiliki kualitas baik, promosi yang dilakukan sewajarnya, tidak melebih-melebihkan kondisi produk (Over Promises), menunjukan kondisi sebenarnya dari produk mulai dari bahan-bahan, penyembelihan, pengolahan serta distribusinya kepada pelanggan. Nurul Hayat memiliki Lembaga Amil Zakat yang menyalurkan bantuan dari donatur kepada pihak yang membutuhkan, iklan sering diluncurkan di berbagai media, dan membuka berbagai platform untuk pemesanan dan saran pelanggan. Hal tersebut secara tidak langsung meningkatkan citra pada produk bisnis aqiqah Nurul Hayat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 18 Aug 2021 06:21
Last Modified: 18 Aug 2021 06:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item View Item