Rohmawati, Zuli (2020) Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami pada Siswa Di MTsN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135916 PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932135916 BAB 1.pdf Download (326kB) |
|
Text
932135916 BAB 2.pdf Download (489kB) |
|
Text
932135916 BAB 3.pdf Download (354kB) |
|
Text
932135916 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
Text
932135916 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text
932135916 BAB 6.pdf Download (311kB) |
|
Text
932135916 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
|
Text
932135916 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam penanaman nilai karakter islami pada siswa berkaitan dengan mata pelajaran Akidah Akhlak yang didalamnya mengandung materi tentang keimanan dan etika dalam perbuatan. Guru Akidah Akhlak memiliki peran lebih penting dalam kaitannya pendidikan karakter islami pada siswa. Melalui pembelajaran Akidah Akhlak ini dapat dijadikan sebagai media dalam penanaman nilai karakter islami. Sehingga membutuhkan daya kreativitas dari guru untuk menanamkan nilai karakter islami serta mencapai tujuan pendidikan karakter. Dengan demikian diperlukan kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai Karakter Islami Pada siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami Pada siswa di MTsN 4 Kediri?; (2) Apa saja faktor-faktor Yang Menjadi Pendukung dan penghambat Bagi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Siswa di MTsN 4 Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1. Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai Karakter Islami di MtsN 4 Kediri, meliputi Penanaman Nilai Karakter Islami Melalui Kegiatan Pembelajaran yang dilakukan yaitu Melalui Sikap Keteladanan, Melalui sikap Pembiasaan, Memberikan Perhatian Kepada Siswa, Membiasakan Siswa Untuk Membaca, Melatih Sikap Berani tampil di depan, Menggunakan media LCD Dalam pembelajaran dan Penanaman Nilai Karakter Islami Melalui Kegiatan Di Luar Pembelajaran yang dilakukan yaitu pada kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan keagamaan. Kegiatan ekstrakurikuler meliputi seni baca Al-Quran, Kaligrafi, dan seni rebana. Untuk kegiatan keagamaan ini ada dua yaitu kegiatan rutinan dan tahunan. Kegiatan rutinan ini berupa sholat dhuha dan dhuhur berjamaah. Untuk kegiatan tahunan ini berupa kegiatan PHBI yang dilaksanakan ada 4 kegiatan yaitu pawai Ta’aruf, Isra’ Mi’raj, idul Fitri, Idul Adha, dan Maulud Nabi SAW. 2. Faktor pendukung dalam menanamkan Nilai Karakter islami siswa adalah adanya fasilitas dari sekolah yang memadai (seperti adanya Al-Quran di Setiap kelas, Mushola dan media pembelajaran yang lengkap), faktor penghambatnya adalah adanya dukungan dari orang tua saat siswa berada di rumah
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | User Repo |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 03:10 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 03:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2453 |
Actions (login required)
View Item |