Hamidah, Imro'atul (2018) Implementasi pemasaran ditinjau dari marketing syari’ah (studi kasus pada Home Industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931322214 Pra BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
931322214 BAB I.pdf Download (564kB) |
|
Text
931322214 BAB II.pdf Download (922kB) |
|
Text
931322214 BAB III.pdf Download (327kB) |
|
Text
931322214 BAB IV.pdf Download (392kB) |
|
Text
931322214 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text
931322214 BAB VI.pdf Download (448kB) |
|
Text
931322214 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
|
Text
931322214 Lampiran.pdf Download (787kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti pada fenomena yang terjadi tentang meningkatnya persaingan pada home industri makanan. Terdapat empat (4) home industri Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, kediri yaitu home industry Gethuk Pisang Baariklana, Gethuk Pisang Hidayah, Gethuk Pisang Agung dan Gethuk Pisang Joker yang sampai saat ini berlomba-lomba merebutkan konsumen dengan penerapan strategi masing-masing. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi pemasaran home industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kediri?, 2) bagaimana implementasi pemasaran home industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kediri ditinjau dari marketing syari‟ah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai sumber kunci, penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Tahap terakhir yang akan dilakukan yaitu pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan penelitian, pengecekan atau diskusi sejawat dan trianggulasi. Hasil penelitian, home industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kediri menerapkan segmentasi pasar, targeting, penerapan marketing mix yang sesuai kemampuan perusahaan akan tetapi belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal, mengingat tempat pendistribusian yang masih terbatas, penyediaan produk yang beraneka ukuran gethuk pisang, promosi hanya menggunakan door to door dan penetapan harga disesuaikan dengan biaya bahan baku serta ukuran gethuk pisang yang berbeda dan harga pasaran. Sedangkan ditinjau perspektif marketing syari’ah bauran pemasaran yang dilakukan salah satu home industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kediri yaitu home industry Gethuk Pisang Joker yang kurang maksimal dalam penerapannya , sedangkan ketiga home industry Gethuk Pisang sudah menerapkannya, syari’ah marketing yang meliputi teitis (nilai ketuhanan), etis (etika), realistis (fleksibel) dan humanisnis (universal), Ditambah lagi oleh pemasran dalam praktik Nabi Muhammad SAW. Keduanya kurang maksimal karena dalam segi promosi pihak home industry Gethuk Pisang Joker masih belum sepenuhnya menerapkan kejujuran yang mana produk return diolah kembali dan menganti bungkus dengan yang baru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | User Repo |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 05:18 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 05:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2429 |
Actions (login required)
View Item |