Pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian shampoo sunsilk hijab (studi pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2016).

Febriyanti, Defita (2018) Pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian shampoo sunsilk hijab (studi pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2016). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931307114 Pra BAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931307114 BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
931307114 BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
931307114 BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
931307114 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
931307114 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
931307114 BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
931307114 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
931307114 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan Hijab oleh wanita muslimah di Indonesia mengalami peningkatan yang tinggi. Hal ini menyebabkan permasalahan rambut yang lebih kompleks seperti rambut berketombe, rontok, atau berminyak. Salah satu produk shampoo yang dikeluarkan oleh PT. Unilever Tbk Indonesia adalah Shampoo Sunsilk Hijab. Dalam memperkenalkan produk tersebut, PT. Unilever Tbk Indonesia menggunakan iklan yang menarik, sehingga membuat citra merek shampoo tersebut menjadi positif di kalangan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi berjumlah 120 Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016 dengan sampel 89, yang diambil berdasarkan Tabel Isac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Iklan, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian berdistribusi normal, dilihat dari hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov yaitu Asmpy. Sign 0,301 > 0,05. Berdasarkan hasil Korelasi Pearson Product Moment, nilai r iklan dengan keputusan pembelian sebesar 0,628, menunjukkan adanya korelasi yang kuat. Kemudian citra merek dengan keputusan pembelian menunjukkan angka sebesar 0,593, hal ini berarti terdapat korelasi yang kuat. Sedangkan analisis regresi linier berganda menghasilkan model persamaan : Y =17,876 +0, 331 X1 +0, 265 X2 . Berdasarkan Uji F , nilai F hitung sebesar 33,068 sedangkan F tabel sebesar 3,95, dapat disimpulkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (33,068>3,95), yang menunjukkan variabel iklan dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian . Pada Uji t iklan t hitung lebih besar dari t tabel (3,564>1,9876), berarti iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Uji t citra merek t hitung lebih besar dari t tabel (2,462> 1,9876), berarti citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis koefisien determinasi sebesar 0,435, yang berarti 43,5 % keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh iklan dan citra merek, sedangkan sisanya 56,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian shampoo sunsilk hijab pada mahasisiwi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:26
Last Modified: 27 Jul 2021 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item