Kegiatan lalaran dalam meningkatkan prestasi belajar materi Shorof kelas VII semester 1 MTS Al-Amien Kota Kediri tahun pelajaran 2019-2020

Muwaffaq, Abdullah (2020) Kegiatan lalaran dalam meningkatkan prestasi belajar materi Shorof kelas VII semester 1 MTS Al-Amien Kota Kediri tahun pelajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131216 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131216 BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932131216 BAB 2.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932131216 BAB 3.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932131216 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
932131216 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
932131216 BAB 6.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932131216 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932131216 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena ada madrasah formal yang melaksanakan kegiatan seperti umumnya kegiatan di Pondok Pesantren khususnya madrasah diniah. Madrasah merupakan sebuah sekolah formal yang berbasis keagamaan, di mana dalam materi keagamaan sering mengacu kepada Al-Qur’an, Al-Hadis dan beberapa kitab salaf lainya. Untuk dapat mempelajari beberapa literatur tersebut siswa harus memahami tentang ilmu alat seperti Nahwu dan Shorof, didalam Madrasah Tsanawiyah Al-Amien memiliki cara untuk dapat mempermudah memahami ilmu alat tersebut, akan tetapi keunikanya adalah cara dan implementasinya berbeda dengan pondok pesantren atau madrasah pada umumnya yakni kegiatan Lalaran. Fokus penelitian ini: 1.) Bagaimana proses kegiatan Lalaran dengan menggunakan metode Tasrif dalam meningkatkan prestasi belajar materi Shorof kelas VII semester 1 di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Kediri? 2.) Bagaimana menghasilkan pemahaman kosa kata bahasa Arab melalui Lalaran Tasrif dalam meningkatkan prestasi belajar materi Shorof kelas VII semester 1 di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Kediri? 3.) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan Lalaran seperti yang diharapkan untuk meningkatkan prestasi belajar materi Shorof kelas VII semester 1 di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Kediri? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan Dokumentasi data-data penelitian mulai dari foto kegiatan penelitian dan hasil dari pedoman wawancara bersama Kepala Sekolah, Guru, dan Murid dari Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Kota Kediri. Teknik analisa menggunakan pengumpulan data, pengelolaan data, mendeskripsikan dan yang terakhir adalah penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan lalaran dapat meningkatkan prestasi siswa : 1.) kegiatan lalaran dilakukan sebanyak dua kali. Pertama sebelum kegiatan belajar siswa mengawali dengan membaca do’a kemudian guru membacakan arti perkata didalam kitab Amsilatut Tasrifiyyah sebanyak satu baris dalam satu kali pertemuan, dilanjut siswa menulis di dalam kitab masing-masing. Setelah itu kegiatan lalaran dilaksanakan dengan cara dibaca bersama-sama selama 15 menit. Yang kedua saat pergantian pendidik yaitu saat pendidik telah selesai dalam mengajar sembari menunggu pendidik yang lain untuk hadir, siswa melaksanakan kegiatan lalaran hingga pendidik memasuki x ruangan kelas. 2.) dalam menghasilkan pemahaman materi Shorof cara pengimplementasian materi kepada peserta didik dengan menggunakan tiga metode. Yang pertama dilafalkan dengan menggunakan syair secara bersama sama, yang kedua guru menerjemahkan kitab kemudian siswa menulis dan yang ketiga dengan memeberikan metode baru agar siswa mudah dalam memahami materi Shorof. 3.) Dalam menganalisis faktor pendukung dan penghambat, terbagi menjadi dua yaitu faktor internal (dalam), yaitu: 1) pendukung adalah siswa alumni dari Madrasah Ibtidaiyah yang sebelumnya sudah pernah mendalami bahasa Arab. Penghambat faktor internal adanya siswa yang belum dapat memahami materi sehingga malas dan belum bersemangat dalam melaksanakan kegiatan lalaran. Sedangkan faktor external (luar) adalah faktor pendukung adanya peraturan pondok yang mewajibkan siswa untuk diasramakan sehingga memudahkan dalam mengkontrol siswanya. Adapun faktor penghambat seperti kurangnya komunikasi siswa dengan pendidik karena siswa tidak diperbolehkan membawa alat telekomunikasi sehingga interaksi dengan guru sangat singkat hanya saat berada didalam sekolah formal saja.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Jul 2021 05:10
Last Modified: 26 Jul 2021 05:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item View Item