Anwar, Moh. Arif Miftaqul (2020) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di MAN 1 Tarokan Kabupaten Kediri tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932129116 PRA BAB.pdf Download (510kB) |
|
Text
932129116 BAB 1.pdf Download (319kB) |
|
Text
932129116 BAB 2.pdf Download (259kB) |
|
Text
932129116 BAB 3.pdf Download (333kB) |
|
Text
932129116 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text
932129116 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
Text
932129116 BAB 6.pdf Download (92kB) |
|
Text
932129116 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
|
Text
932129116 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
MAN 1 Tarokan Kabupaten Kediri, merupakan madrasah yang mencerminkan ketertiban, kedisiplinan dan mempunyai hubungan harmonis antar sesama guru bahkan peserta didik. Madrasah ini, semakin tahun semakin banyak peminatnya terbukti dengan banyaknya peserta didik yang mendaftar di madrasah tersebut. Selain itu, madrasah ini mampu mencetak siswa-siswi berprestasi melalui ajang AKSIOMA atau KSM (Kompetisi Sains Madrasah) yang semuanya itu didukung oleh guru yang berkompeten atau profesional. Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan judul “Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di MAN 1 Tarokan Kabupaten Kediri”. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di MAN 1 Tarokan Kabupaten Kediri 2) Apa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di MAN 1 Tarokan Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian dilapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Menganalisa data dengan menggunakan deskriptif kualitaif yaitu berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari seseorang yang terlibat dalam penelitian ini (informan), serta perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru, yaitu dengan cara 1) melakukan pengawasan dan monitoring kerja guru, 2) memberikan contoh atau suri tauladan yang baik kepada guru, 3) memberikan penghargaan seperti piagam penghargaan maupun uang transport kepada guru yang berprestasi. Adapun faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru 1) faktor pendukung yaitu pendidik dan peserta didik, pendidik mempunyai peranan yang sangat penting karena keududukannya sebagai pemimpin di antara para siswa. Sedangkan peserta didik, merupakan pendukung dalam pengelolaan kelas yang dibuktikan bahwa siswa ikut serta dalam perencanaan kegiatan-kegiatan kelas, 2) faktor penghambat yaitu kurangnya kedisiplinan guru dalam hal kembali ke madrasah karena faktor jarak rumah dengan madrasah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 03:57 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2384 |
Actions (login required)
View Item |