Upaya guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran akhidah akhlak kelas XI di MA Ma’arif NU Kota Blitar tahun pelajaran 2018/2019

Matkhubah, Matkhubah (2019) Upaya guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran akhidah akhlak kelas XI di MA Ma’arif NU Kota Blitar tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128014 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932128014 BAB 1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
932128014 BAB 2.pdf

Download (389kB)
[img] Text
932128014 BAB 3.pdf

Download (191kB)
[img] Text
932128014 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
932128014 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
932128014 BAB 6.pdf

Download (84kB)
[img] Text
932128014 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
932128014 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKHIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA MA‟ARIF NU KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri,”. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi pembelajaran akhidah akhlak kelas XI di MA MA‟ARIF NU Kota Blitar? (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran akhidah akhlak kelas XI di MA MA‟ARIF NU Kota Blitar? (3) apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran akhidah akhlak kelas XI di MA MA‟ARIF NU Kota Blitar? Subjek penelitian sebanyak 3 guru akhidah akhlak serta 3 orang siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Triangulasi, pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kondisi pembelajaran akhidah akhlak sudah baik, guru melakukan persiapan menyusun perangkat pembelajaran, menyiapkan sumber belajar. menggunakan metode bervariasi seperti ceramah, diskusi, uswah, tanya jawab, demontrasi, materi meliputi lks, buku aket dan kitab kuning, media pembelajaran yang digunkan berupa media papan tulis dan media visual dan sebagai bahan evaluasi diantaranya ulangan harian remidial dan tugas. Upaya yang dilakukan guru akhidah akhlak sudah baik seperti guru akhidah akhlak menyusun tujuan pembelajaran, menyusun tujuan operasional menyusun instruksional, menyusun metode dan strategi pembelajaran, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa, konteks, alur, rasa ingin tahu akan materi, pengulangan materi dan menggunakan sumber lain, pehatian, sikap, tugas, masuk siswa dan menyesuaikan soal dengan materi, menyelesaikan tugas tepat waktu, teman belajar, menyesuaikan diri, memberikan pelayanan sesuai kemampuan siswa, UAS, UTS, tugas, absensi siswa. Adapun faktor pendukung antara lain suasana kelas yang kondusif, mengenal karakter siswa, pengawasan, lingkungan madrasah. Sedangkan faktor penghambat diantaranya teman sebaya, kelelahan, kurangnya media pembelajaran, tidak mengenal karakter siswa, kelas yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:49
Last Modified: 26 Jul 2021 03:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item View Item