Rifa'i, Ahmad (2016) Peran Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru di MTs Negeri Puncu Tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932101511 prabab.pdf Download (589kB) |
|
Text
932101511 BAB 1.pdf Download (406kB) |
|
Text
932101511 BAB II.pdf Download (580kB) |
|
Text
932101511 BAB III.pdf Download (499kB) |
|
Text
932101511 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
Text
932101511 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text
932101511 BAB VI.pdf Download (192kB) |
|
Text
932101511 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
Abstract
Kepala sekolah bertanggung jawab atas peran yang dilakukan sebagai supervisor, karena seorang pemimpin yang tidak bertanggung jawab akan dapat hukuman atau adzab dari Allah SWT, dan kepala sekolah juga merupakan unsur penting bagi mutu lembaga pendidikan karena kepala sekolah adalah seorang desainer. Selain kepala sekolah gurupun tidak kalah penting dalam proses pendidikan karena guru merupakan aktor yang langsung berinteraksi dengan peserta didik. Proses mengajar guru di MTs Negeri puncu berjalan dengan efektif hal ini tidak terlepas dari peran supervisi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran guru. Adapun fokus penelitian ini adalah:1) bagaimana mutu pembelajaran guru di MTs Negeri puncu? 2) bagaimana peran supervisi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran guru di MTs Negeri puncu? 3) apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan peran supervisi kepala sekolah dalam peningkatkan mutu pembelajaran guru di MTs Negeri Puncu? Tujuan penelitian, 1) Untuk mengetahui mutu pembelajaran guru di MTs Negeri Puncu. 2) Untuk mengetahui peran supervisi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran guru di MTs Negeri Puncu. 3) Untuk mengetahui apa faktor pendukung daan penghambat pelakanaan peran supervisi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran guru di MTs Negeri puncu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah studi kasus untuk menganalisis dilakukan melalui tiga jalur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, trigulasi, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) mutu pembelajaran guru di MTs Negeri puncu, para guru melakukan pembelajaran yang mana guru memberikan contoh-contoh yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat tentang teori-teori lalu praktik, untuk itu strategi yang digunakan guru harus bervariasi supaya tidak menimbulkan siswa bosan dalam pembelajaran, pada kegiatan pembelajaran seorang guru diwajibkan menggunakan alat peraga/media supaya dalam proses pembelajaran bisa menjadi efektif.2) Peran supervisi kepala sekolah dalam peningkatan pembelajaran guru di MTs Negeri Puncu, menerapkan kedisiplinan, memotivasi, memberikan pembinaan, melengkapi sarana prasarana.3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan peran supervisi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran guru di MTs Negeri puncu, faktor pendukung SDM guru yang bagus, kesadaran pendidik akan pembelajaran, kerja sama guru. Faktor penghambat, gurunya masih membutuhkan pengawasan dan serta bimbingan eksta secara mendalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 11 May 2021 02:14 |
Last Modified: | 11 May 2021 02:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2349 |
Actions (login required)
View Item |