Upaya Meningkatkan Perhatian Siswa Melalui Media LCD Proyektor Pada Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) Kelas VII-A (Penelitian Tindakan di MTs Abdulloh Bangsongan Sukoanyar Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016)

Samsuri, Samsuri (2016) Upaya Meningkatkan Perhatian Siswa Melalui Media LCD Proyektor Pada Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) Kelas VII-A (Penelitian Tindakan di MTs Abdulloh Bangsongan Sukoanyar Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117912 prabab.pdf

Download (872kB)
[img] Text
932117912 BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932117912 BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
932117912 BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932117912 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
932117912 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
932117912 BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932117912 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932117912 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perhatian siswa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang optimal. Penelitian ini dilaksanakan karena perhatian siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di MTs tersebut masih rendah. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan model pembelajaran penggunaan media LCD Proyektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media LCD Proyektor dalam meningkatkan perhatian siswa pada mata pelajaran SKI dan untuk mengetahui apakah dengan penerapan media LCD Proyektor dalam pembelajaran SKI dapat meningkatkan perhatian siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan model Kemmis dan Mc Taggart, dilaksanakan dalam dua siklus yang mana setiap siklusnya meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Data perhatian siswa hasil lembar observasi menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempunyai perhatian kategori sangat baik pada siklus I sebesar 37,78%, siklus II meningkat menjadi 64,44%. Sedangkan data perhatian siswa hasil angket menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempunyai perhatian kategori sangat baik pada siklus I sebesar 46,67%, siklus II meningkat menjadi 68,89%. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I dan II tersebut bahwa perhatian siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) meningkat setelah diterapkannya pembelajaran SKI dengan menggunakan media LCD Proyektor.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:07
Last Modified: 28 Apr 2021 02:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2296

Actions (login required)

View Item View Item