Al Adawiyah, Robi’ah (2016) Strategi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di MTsN Bandarkidul Kediri 1. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117312 PRA BAB.pdf Download (411kB) |
|
Text
932117312 BAB 1.pdf Download (318kB) |
|
Text
932117312 BAB 2.pdf Download (346kB) |
|
Text
932117312 BAB 3.pdf Download (173kB) |
|
Text
932117312 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
932117312 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
932117312 BAB 6.pdf Download (88kB) |
|
Text
932117312 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text
932117312 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
Abstract
Motivasi sangat diperlukan dalam pembelajaran, salah satu fungsinya adalah mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan yang dilakukan seseorang. Guru dituntut untuk mampu mengelola atau memvariasikan pembelajaran sedemikian rupa agar peserta didik tidak jenuh dengan materi yang diajarkan, khususnya mata pelajaran aqidah akhlak. Pentingnya motivasi yang perlu dikembangkan oleh pendidik guna menimbulkan kegiatan belajar. Selain itu juga, diperlukan strategi-strategi dari guru dalam melaksanakan pembelajaran secara bervariasi supaya pembelajaran dapat dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan dan mudah diterima oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Bandarkidul Kediri 1. 2) Mengetahui Strategi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di MTsN Bandarkidul Kediri 1 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa metode yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan Perpanjangan pengamatan, Ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian ini terbagi menjadi beberapa tahap yaitu: tahap pralapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran aqidah akhlak adalah baik, terbukti saat pembelajaran hampir separuh lebih siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi, serta aktif dalam tanya jawab dan siswa memiliki kesadaran akan pentingnya mempelajari aqidah akhlak karena berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, serta menyenangkan, menarik, dan mudah untuk dipelajari. Saat pembelajaran berlangsung di kelas maupun di luar kelas pun lebih banyak siswa yang memperhatikan dan aktif dari pada yang tidak memperhatikan. 2) Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII unggulan maupun kelas reguler yaitu melakukan apersepsi, menjelaskan tujuan, menggunakan pendekatan individu dan kelompok, menggunkaan metode yang bervariasi yang sudah disesuaikan dengan materi, seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, tugas dan resitasi, Mind Mapping, menggunakan media yang baik, memberi pujian, memberi perhatian, memberi angka, memberi permainan, menyelipkan cerita lucu atau humor saat pelajaran, memberi hadiah, hukuman, memberi ulangan dan mengumumkan hasil ulangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 01:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 01:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2293 |
Actions (login required)
View Item |