Putri, Erviyanti (2020) Perlindungan Hukum Konsumen terhadap Jual Beli Jilbab dalam Perspektif Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 dan Hukum Islam (Studi Kasus Dora Kids Shop, jalan Hos Cokroaminoto No. 187 Burengan, Pesantren, Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931201514 prabab.pdf Download (248kB) |
|
Text
931201514 bab1.pdf Download (202kB) |
|
Text
931201514 bab2.pdf Download (205kB) |
|
Text
931201514 bab3.pdf Download (161kB) |
|
Text
931201514 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
|
Text
931201514 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text
931201514 bab6.pdf Download (54kB) |
|
Text
931201514 daftar pustaka.pdf Download (7kB) |
|
Text
931201514 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
Abstract
Perlindungan hukum merupakan bentuk perlindungan yang utama, karenaberdasarkan penelitian bahwa sebagai sarana yang dapat mengakomodasikepentingan dan hak seseorang secara komprehensif. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui Perlindungan Hukum Konsumen yang dirugikan dalam jualbeli jilbab di Toko Dora Kids Shop di Kota Kediri ditinjau dari Undang-UndangPerlindungan Konsumen (UUPK) dan Hukum Islam. Adapun rumusan masalahyang diajukan yaitu: 1) Bagaimana tanggung jawab pelaku usaha Toko Dora KidsShop ? 2) Bagaimana perspektif UUPK terhadap kerugian konsumen Toko DoraKids Shop ? 3) Bagaiamana perspektif Hukum Islam terhadap kerugian konsumenDora Kids Shop ? Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan melakukan penelitianlapangan (studi kasus). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara, dan dokumentasi yang dapat melengkapi hasil penelitian ini. Dalampenelitian ini sumber data terdiri dari, data primer. Hal ini terjadi dalam praktik jual beli yang dilakukan di toko Dora KidsShop, sejatinya UUPK telah menetapkan hak-hak konsumen yang harusdilindungi. Namun, dalam praktiknya hak-hak tersebut tidak diterapkan.Penerapan tanggung jawab produk pun masih diabaikan oleh pelaku usaha dalammenangani keluhan kerugian yang dialami konsumen. Pelaku usaha tidakmemberikan ganti rugi kepada konsumen yang mengalami kerugian akibat dariproduk yang dibeli di toko tersebut. Alasan dari pihak toko tidak memberikanganti rugi terhadap barang yang dijual karena pihak produsen juga tidakmemberikan kompensasi kepada toko Dora Kids Shop jika terdapat produk yangcacat. Dari hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: 1) Pelaku usaha tidakmemberikan ganti rugi akibat barang yang cacat, akan tetapi pelaku usahaberusaha menginventarisir produk barang yang sering terjadi cacat untukselanjutnya tidak memasok produk yang sama. 2) Pelaku usaha tidak memberikanganti rugi terhadap konsumen sesuai peraturan yang telah ditetapkan dalamUUPK. 3) Perbuatan yang dilakukan pelaku usaha menurut perspektif hukumislam adalah perbuatan yang sah atau tidak melanggar syari’at. Karena pelakuusaha tidak mempunyai niat yang buruk kepada konsumen atas produk yangdiperjual belikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012701 Bai’, Tijarah (Trading) |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 05:04 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 05:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2286 |
Actions (login required)
View Item |