Peran Voucher Belanja dalam Mempertahankan Eksistensi Bisnis (Studi Kasus Business Center Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri)

Khusnaini, Azizatul (2019) Peran Voucher Belanja dalam Mempertahankan Eksistensi Bisnis (Studi Kasus Business Center Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931304715 prabab.pdf

Download (850kB)
[img] Text
931304715 bab1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
931304715 bab2.pdf

Download (272kB)
[img] Text
931304715 bab3.pdf

Download (233kB)
[img] Text
931304715 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
931304715 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
931304715 bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
931304715 daftar pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
931304715 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Melihat perkembangan bisnis ritel di Indonesia yang cukup baik,Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam PeraturannyaNo.075/D5.4/KU/2018 memberi anjuran ruang praktik bagi SMK. Akan tetapi,tidak semua ruang kerja ini bisa dimiliki semua sekolah kejuruan, misalnya sajamengenai Business Center (BC). Mengenai hal ini salah satu sekolah yang masihmempertahankan BC di Kediri adalah SMK Negeri 2 Kediri. Namun tahun 2015bisnis ini mengalami penurunan pendapatan cukup besar. Untuk mempertahankankeberadaannya mereka membuat suatu strategi berupa voucher belanja. Fokuspenelitian ini adalah: (1) Bagaima voucher belanja di Business Center SMKN 2Kediri. (2) Bagaimana peran voucher belanja dalam mempertahankan eksistensibisnis di Business Center SMKN 2 Kediri. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode Kualitatifdeskriptif dengan pendekatan studi kasus. Menurut John W. Creswell, pendekatanini menelaah sebuah kasus tertentu dalam konteks atau setting kehidupan nyatakontemporer. Studi ini dilakukan di BC SMKN 2 Kediri dengan teknikpengumpulan datanya ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisisdilakukan dengan cara reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Voucher belanja sebagai alternatif strategi,mengingat perolehan pendapatan tahun sebelumnya belum mampu menjagastabilitas keuangan BC. Voucher ini diperuntukkan kepada guru PNS SMKNegeri 2 Kediri, dana yang diperoleh adalah dari pemotongan honorariummereka. Dimana mereka dapat menukarkan per tanggal 20 sampai tanggal 10bulan berikutnya. Hal ini memberikan manfaat bagi pengguna maupun BusinessCenter itu sendiri. (2) Dalam mempertahankan eksistensinya yang bisa dilihat daribeberapa indikator, antara lain: (a) Jumlah pembeli, dengan adanya vouchersetidaknya pembeli bertambah sebesar 91 orang guru PNS. (b) Ragam barang,meningkatnya jumlah pembeli menjadikan ragam barang seperti kosmetik danjumlah jenis barang pada setiap tahunnya bertambah (c) Jumlah pendapatan,pendapatan BC SMKN 2 Kediri mengalami peningkatan dan dibarengiprofitabilitas yang terus bertambah (d) Harga barang, dengan profitabilitas yangbaik BC dapat mengontrol harga supaya siswa praktik ekstern dapat menjualsesuai dengan harga pasar. Sehingga dalam hal ini voucher belanja berperandalam mempertahankan eksistensi bisnisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:13
Last Modified: 26 Apr 2021 02:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item