Implementasi Metode Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Perhatian Siswa Kelas X-8 Sma Negeri 6 Kediri Pada Mata Pelajaran PAI Bab Iman Kepada Malaikat Tahun Ajaran 2015-2016

Ni’mah, Ni’mah (2016) Implementasi Metode Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Perhatian Siswa Kelas X-8 Sma Negeri 6 Kediri Pada Mata Pelajaran PAI Bab Iman Kepada Malaikat Tahun Ajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115112 prabab.pdf

Download (395kB)
[img] Text
932115112 BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932115112 BAB II.pdf

Download (448kB)
[img] Text
932115112 BAB III.pdf

Download (406kB)
[img] Text
932115112 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
932115112 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
932115112 BAB VI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932115112 lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, perhatian merupakan faktor yang besar pengaruhnya, kalau peserta didik mempunyai perhatian yang besar mengenai apa yang dipelajari peserta didik dapat menerima dan memilih stimuli yang relevan untuk diproses lebih lanjut di antara sekian banyak stimulus yang datang dari luar. Ketika proses pembelajaran menggunakan metode ceramah, tingkat perhatian siswa menurun, di tandai dengan 3 anak yang bermain Handphone (HP) dilaci meja, 4 anak mengobrol dengan teman sebangku dan teman lainnya, 1 anak tidur dikelas dan 3 anak izin ke toilet. Untuk mengatasi itu, guru harus pandai memilih metode yang tepat untuk meningkatkan perhatian siswa. Dalam hal ini, peneliti memilih metode everyone is a teacher here, karena ketika siswa dituntut untuk membuat pertanyaan dan menjawabnya, maka siswa tidak ada kesempatan memperhatikan yang lainnya.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi metode everyone is a teacher here dan apakah metode tersebut dapat meningkatkan perhatian siswa pada mata pelajaran PAI bab Iman kepada Malaikat di kelasX-8 SMA Negeri 6 Kediri Tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dihitung dengan membagi skor yang diperoleh dari hasil perhatian siswa dengan skor maksimum yang diharapkan kemudian di presentasekan. Hasil penelitian ini adalah : 1) Implementasi metode everyone is a teacher here untuk meningkatkan perhatian siswa kelas X-8 SMA Negeri 6 Kediri yaitu dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I satu kali pertemuan dan siklus ke II satu kali pertemuan. Setiap siklus ada 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penerapan everyone is a teacher here ini berjalan dengan lancar, karena pada siklus II sudah tidak perlu lagi adannya perbaikan pada siklus berikutnya. 2) Skor rata-rata perhatian siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 12,06 % dari pra siklus ke siklus 1 dan mengalami peningkatan lagi sebesar 7,01 % dari siklus I ke siklus II. Pada pra siklus skor rata-rata perhatian siswa sebesar 66,32 %, dan meningkat pada siklus 1 menjadi skor rata-rata perhatian siswa sebesar 78,38 % dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 85,29 %. Skor hasil observasi pada siklus II telah mencapai indicator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 85%. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Apr 2021 02:04
Last Modified: 22 Apr 2021 02:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item