Metode Melatih Kecerdasan Emosional Pada Anak (Studi Pada Keterampilan Guru Melatih Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Ar-Rahman Pesantren Kediri)

Latif, M. Zainudin (2016) Metode Melatih Kecerdasan Emosional Pada Anak (Studi Pada Keterampilan Guru Melatih Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Ar-Rahman Pesantren Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112412 prabab.pdf

Download (758kB)
[img] Text
932112412 BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932112412 BAB II.pdf

Download (166kB)
[img] Text
932112412 BAB III.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932112412 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
932112412 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
932112412 BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
932112412 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Setiap anak yang lahir normal, baik fisik maupun mentalnya berpotensi menjadi cerdas. Hal yang demikian terjadi karena secara fitrah manusia dibekali potensi kecerdasan oleh Allah SWT. Jika ditelusuri filsafatnya, maka akan berpangkal kepada aliran Nativisme. Maka hal ini harus disadari guru, bagaimana peran guru dalam melatih kecerdasan emosi akan menjadi pembahasan pada skripsi ini. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui metode guru dalam melatih kecerdasan emosi pada siswa SMP Ar-Rahman Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, maka penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Masalah-masalah emosional siswa meliputi, a. ketergantungan siswa, b. rasa takut, cemas dan khawatir, c. motivasi belajar rendah, d. pengelompokan sosial dan kecemburuan terhadap lawan jenis; 2. Konsep kecerdasan emosional anak menurut guru, yaitu a. mengendalikan emosi, b. membedakan satu emosi dengan lainnya, c. Kemampuan, kompetensi, dan kecakapan non kognitif, d. Mementingkan aspek afektif siswa; 3. Cara guru melatih kecerdasan emosional siswa meliputi, a. disesuaikan dengan masalah emosional yang dihadapi, b. menegur, mengancam, memberi hukuman, memberikan nasehat dan cerita, serta melakukan pendekatan secara individual, c. keberanian, d. ketekunan dan kesabaran, e. kejujuran, f. motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:45
Last Modified: 20 Apr 2021 02:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item