Ulfariya, Ulfariya (2020) Analisis Perilaku dan Loyalitas Penggemar K-Pop Di Kota Kediri dalam Melakukan Pembelian Merchandise Ditinjau dari Konsumsi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931321416 prabab.pdf Download (322kB) |
|
Text
931300215 bab1.pdf Download (255kB) |
|
Text
931300215 bab2.pdf Download (472kB) |
|
Text
931300215 bab3.pdf Download (136kB) |
|
Text
931300215 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
|
Text
931300215 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text
931300215 bab6.pdf Download (7kB) |
|
Text
931300215 daftar pustaka.pdf Download (126kB) |
|
Text
931300215 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
Abstract
Konsumsi merupakan kegiatan akhir dari transaksi jual beli yaitu proses menggunakan memakai barang atau jasa yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun untuk keluarganya. K-pop sendiri merupakan genre musik yang sedang banyak diminati oleh banyak kalangan tidak hanya mengkonsumsi musiknya saja namun para penggemar musik k-pop juga mengkonsumsi merchandise yang telah dikeluarkan oleh agensi yang menaungi grub k-pop tersebut. Perilaku penggemar dalam melakukan pembelian merchandise k-pop ini sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut, karena sifat loyal penggemar dalam melakukan pembelian merchandise k-pop bisa dibilang selalu berulang-ulang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagamana perilaku dan loyalitas penggemar k-pop dalam melakukan pembelian merchandise jika ditinjau dari teori konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, berupa ucapan, tulisan, dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada para penggemar dan beberapa komunitas penggemar k-pop yang ada di Kota Kediri. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan tiga cara yang sistematis yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. perilaku dan loyalitas penggemar k-pop dalam melakukan pembelian merchandise ialah, penggemar akan menyisihkan uangnya lalu membeli merchandise yang sesuai dengan budged yang penggemar miliki namun jika penggemar tidak memiliki dana maka penggemar akan melakukan support dalam bentuk lain yaitu dengan streaming mv grub k-pop yang ia sukai. Penggemar akan terus membelanjakan dana yang ia miliki setiap grub idola mereka mengeluarkan produk baru hal inilah yang menyebabkan penggemar termasuk dalam konsumen loyal. 2. Aliran musik k-pop halal untuk dikonsumsi karena didalam lagu tersebut tidak ada usur dzolim dan membawa kemungkaran. Perilaku dan loyalitas penggemar k-pop dikota kediri belum sepenuhnya memenuhi prinsip konsumsi islam karena dalam melakukan pembelian penggemar tidak sesuai dengan prinsip akhlak yaitu sederhana dalam membelanjakan uang dan tidak berlebih-lebihan, penggemar juga tidak memenuhi prinsip syariah yaitu melakukan pembelian merchandise sebagai sarana ibadah. Namun penggemar k-pop di Kota Kediri sudah sesuai dengan prinsip Ilmu yaitu membeli merchandise halal dan menjauhkan yang haram. Sesuai dengan prinsip kuantitas dan prioritas yaitu membelanjakan uang sesuai dana yang dimiliki dan mendahulukan kebutuhan yang penting dari pada membeli merchandise. Untul yang terakhir sudah sesuai dengan prinsip lingkungan, sosial, dan menjauhkan diri dari bunga.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 02:02 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 02:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2254 |
Actions (login required)
View Item |