Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik Learning Community Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Agama di MAN Denanyar Jombang)

Izza, Ivat Khoridatul (2016) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik Learning Community Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Agama di MAN Denanyar Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108012 prabab.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932108012 BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932108012 BAB II.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932108012 BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932108012 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
932108012 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
932108012 BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
932108012 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Pada umumnya siswa MAN Denanyar Jombang dalam keseharian belajar mereka di sekolah masih menganggap guru sebagai sumber informasi utama dalam pembelajaran, sehingga hal tersebut berdampak pada perilaku belajar mereka yang pasif diwaktu mengikuti pelajaran di kelas. Selain itu mata pelajaran fiqih sendiri menjadi mata pelajaran UAN, sehingga perlu bagi seorang guru mampu menggunakan metode yang menarik untuk peserta didik lebih aktif dalam belajar khususnya dalam mata pelajaran Fiqih. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknik learning community pada mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas XI Agama di MAN Denanyar Jombang? 2) Apakah kendala dari penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknik learning community pada siswa kelas XI Agama di MAN Denanyar Jombang? 3) Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknik learning community pada siswa kelas XI Agama di MAN Denanyar Jombang. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data yang tidak tertulis. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian diperoleh, 1) Pembelajaran kontekstual dengan teknik learning community diterapkan menggunakan sistem ekspor impor materi, penilaian yang berupa penilaian diskusi, presentasi dan portofolio dan presentasi masing-masing kelompok di akhir diskusi. 2) Kendala dari penerapan pembelajaran, yaitu: masih ada beberapa siswa yang belum ikut aktif dalam proses pembelajaran, suasana kelas yang belum bisa kondusif, masih kurangnya buku penunjang dalam belajar. 3) Upaya dari penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknik learning community, yaitu: guru membagi kelompok anak yang pasif dicampurkan dengan anak yang aktif, masing-masing kelompok memberikan kesempatan pada temannya, menambah buku penunjang dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:13
Last Modified: 15 Apr 2021 02:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item