Implementasi Strategi Peer Lesson (Pembelajaran Teman Sebaya) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Kelas X IPS 1 di MAN 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016

Sukmawati, Ema (2016) Implementasi Strategi Peer Lesson (Pembelajaran Teman Sebaya) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Kelas X IPS 1 di MAN 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104612 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104612 BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932104612 BAB II.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932104612 BAB III.pdf

Download (180kB)
[img] Text
932104612 BAB IV baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
932104612 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
932104612 BAB VI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
932104612 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini juga dilatar belakangi oleh rasa tidak kepuasan guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS 1 pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis. Faktor yang menjadi penyebab rendahnya prestasi belajar siswa kelas X IPS 1 yaitu kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran, saat siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan berpendapat, sebagian besar siswa diam saja, dan menunggu guru menunjuk salah satu dari mereka, serta siswa cenderung menghindari kontak mata dengan guru. Penggunaan strategi pembelajaran dirasa sangat penting untuk membantu siswa dalam memahami materi khususnya pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah model strategi pembelajaran Peer Lesson. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui 1) Penerapan strategi Peer Lesson pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di kelas X IPS 1, 2) Prestasi belajar siswa kelas X IPS 1 pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis dengan menggunakan strategi peer lesson. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa X IPS 1 MAN 3 Kediri. Dalam penerapannya terdiri dari 3 siklus dalam pembelajaran yaitu pra-siklus, siklus I dan siklus II, dimana setiap putaran terdiri dari empat tahap yakni : rancangan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan stategi pembelajaran Peer Lesson dalam pembelajaran Qur’an Hadist dapat meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik Kelas X IPS 1 di MAN 3 Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Hal itu dibuktikan dari hasil analisis, didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra-siklus dimana rata-rata nilainya adalah 76,92 dengan ketuntasan belajar sebesar 69%, sedangkan pada siklus I rata-rata nilainya adalah 81,28 dengan ketuntasan belajar sebesar 74,39 %, dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II yaitu rata-rata nilainya adalah 85,89 dengan ketuntasan belajar sebesar 97,43 %.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:27
Last Modified: 26 Mar 2021 03:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item