Millah, Dzikrotul (2016) Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Sub Tema Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw Di Madinah Siswa Kelas X IIS-B Di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104012 prabab.pdf Download (285kB) |
|
Text
932104012 BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text
932104012 BAB II.pdf Download (291kB) |
|
Text
932104012 BAB III.pdf Download (241kB) |
|
Text
932104012 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text
932104012 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
Text
932104012 BAB VI.pdf Download (90kB) |
|
Text
932104012 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
Abstract
Prestasi belajar di SMAN 1 Kediri akhir-akhir ini menurun , hal ini disebabkan karena kurang variatif dalam penggunaan metode yang diberikan kepada siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI subtema Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada siswa kelas X IIS-B SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2015-2016. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: Mengimplementasikan metode mind mapping dalam meningkatan prestasi belajar dan apakah metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model rancangan Kemmis dan Taggart penerapan 3 siklus dalam pembelajaran, dimana setiap putaran terdiri dari empat tahap yakni : rancangan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS-B SMAN 1 Kediri . Data yang diperoleh berupa hasil tes praktek, lembar obsevasi, kegiatan belajar mengajar, dan dokumentasi. Penggunaan metode Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X IIS-B di SMAN 1 Kediri pada tahun pelajaran 2015-2016 adalah dibuktikan dari hasil persentase ketuntasan hasil belajar siwa mengalami peningkatan Prasiklus 17,24%, Siklus I 31,03%, Siklus II 72,41%,dan Siklus III 93,10%. Degan demikian maka metode Main Mapping berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Sub Tema Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw Di Madinah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 03:24 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 03:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2226 |
Actions (login required)
View Item |