Mudrikah, Binti (2016) Hubungan Antara Gaya Belajar Siswa dan Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Prambon Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932102712 prabab.pdf Download (407kB) |
|
Text
932102712 BAB I.pdf Download (206kB) |
|
Text
932102712 BAB II.pdf Download (412kB) |
|
Text
932102712 BAB III.pdf Download (232kB) |
|
Text
932102712 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text
932102712 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
932102712 BAB VI.pdf Download (89kB) |
|
Text
932102712 DAFTAR PSTKA.pdf Download (117kB) |
Abstract
Keberagaman kemampuan belajar siswa atau biasa disebut gaya belajar memang bermacam-macam jenisnya. Diantaranya adalah gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Sedangkan variasi mengajar guru adalah suatu ketrampilan guru yang diadakan karena faktor kebosanan yang disebabkan oleh adanya kegiatan belajar yang monoton. Motivasi adalah suatu perubahan energi didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif atau perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Permasalahan yang akan dikaji adalah: 1)Bagaimana gaya belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di MAN Prambon tahun pelajaran 2015/2016? 2)Bagaimana variasi mengajar guru kelas X pada mata pelajaran fiqih di MAN Prambon tahun pelajaran 2015/2016? 3)Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di MAN Prambon tahun pelajaran 2015/2016? 4)Bagaimana hubungan gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di MAN Prambon tahun pelajaran 2015/2016? 5)Bagaimana hubungan variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di MAN Prambon tahun pelajaran 2015/2016? 6)Bagaimana hubungan gaya belajar siswa dan variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di MAN Prambon tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X di MAN Prambon yang berjumlah 212 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah sampel 152 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda variabel dummy yang digunakan untuk mengetahui hubungan variabel gaya belajar siswa dan variabel variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,088 yaitu sebesar 8,8%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi hubungan gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa adalah Y=98,77-7,85dAuditori-5,29dKinestetik. Tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,016 yaitu sebesar 1,6%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah Y=83,996+0,142 x X2. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dan variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,104 yaitu sebesar 10,4%. Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y=87,76+0,146X2 -7,84dAuditori-5,58dKinestetik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 01:46 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 01:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2222 |
Actions (login required)
View Item |