Fajrin, Rohmatul Fahmi (2016) Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran PendidikanAgam Islam (Studi Penerapan K-13 Di Smpn 07 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117412 prabab.pdf Download (247kB) |
|
Text
932117412 BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
932117412 BAB II.pdf Download (210kB) |
|
Text
932117412 BAB III.pdf Download (170kB) |
|
Text
932117412 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text
932117412 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text
932117412 BAB VI.pdf Download (94kB) |
|
Text
932117412 DAFTAR Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
Abstract
Penelitian tentang model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penerpan kurikulum 2013 ini dilakukan untuk menyikapi problematika guru yang muncul dalam mengaplikasikan model pembelajaran pada kurikulum 2013 terlebih untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini menjadi sangat urgen karena implementasi k-13 melalui model pembelajaran PBL diharapkanguru mampu mengembangkan model pembelajaran dalam PAI serta menyetarakan aspek kognitif, aspek afektif dan konatif-volitif, yakni kemampuan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1)Bagaimana mengorientasi peserta didik pada masalah dalam pembelajaran model problem based learning mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 07 Kediri (studi penerapan k-13), (2) Bagaimana mengorganisasikan dan membimbing penyelidikan individu maupun kelompok peserta didik dalam pembelajaran model problem based learning di SMPN 07 Kediri (studi penerapan k-13)?, (3) Bagaimana mengembangkan dan menyajikan hasil karya peserta didik dalam pembelajaran model problem based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 07 Kediri (studi penerapan k-13)?, (4) Bagaimana menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dalam pembelajaran model problem based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 07 Kediri(studipenerapan k-13)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi, dokumentasi serta wawancara mendalam. Di mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 07 Kediri (studi penerapan K-13) sesuai apabila diterapkan dalam kurikulum 2013 secara khusus: (1) Mengorientasi peserta didik menggunakan pendekatan konstruktivistik, menggunakan pendekatan saintifik, menggunakan stimulus dan motivasi untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu yang besar, (2) Mengorganisasikan dan membimbing peserta didik dilakukan dengan mengaplikasikan sistem belajar mandiri, pendidik berperan sebagai coaching, mengaplikasikan sistem belajar mandiri untuk menanamkan sikap bertanggung jawab, kerja keras dan mandiri dalam belajar melalui pembiasaan secara terus menerus, (3) Pendidik berperan sebagai fasilitator yaitu membimbing, mengarahkan, dan memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan dan menyajikan karya. Menanamkan nilai karakter untuk memiliki sikap toleransi, kreatif, demokratis, mengahargaiprestasi, dankomunikatifpadasetiap proses, (4) Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok melalui presentasi didepan kelas, Pendidik bersama peserta didik merefleksikan pembelajaran melalui penguatan yang diberikanoleh pendidik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 01:42 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 01:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2221 |
Actions (login required)
View Item |