Senja, Desytaningrum (2015) Hubungan Antara Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Semester dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan IPA di SMAN 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112411 PRA BAB.pdf Download (571kB) |
|
Text
932112411 BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text
932112411 BAB II.pdf Download (299kB) |
|
Text
932112411 BAB III.pdf Download (225kB) |
|
Text
932112411 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
|
Text
932112411 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
932112411 BAB VI.pdf Download (128kB) |
|
Text
932112411 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text
932112411 Lampiran 2.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
Abstract
Kecemasan (anxietas) adalah suatu keadaan aprehensi atau keadaan khawatir yang mengeluhkan bahwa sesuatu yang buruk akan segera terjadi. Kecemaasan dapat diketahui melalui ciri-ciri fisik, ciri-ciri behavioral dan ciri-ciri kognitif. Kecemasan dalam menghadapi ujian adalah suatu kondisi fisik dan psikologis siswa yang tidak menyenangkan yang ditandai pikiran, perasaan dan perilaku motorik yang tidak terkendali yang memicu timbulnya rasa cemas dan takut dalam menghadapi suatu ujian atau tes. Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang yang menimbulkan suatu kegiatan belajar, yang mana dengan hal itu tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar antara lain cita-cita atau aspirasi, kemampuan belajar, kondisi siswa (kondisi fisik dan psikologis), kondisi lingkungan, unsur�unsur yang dinamis dalam belajar, serta upaya guru membelajarkan siswa. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana hubungan antara kecemasan dalam menghadapi ujian semester dan motivasi belajar. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kecemasan dalam menghadapi ujian semester pada siswa kelas XI jurusan IPA di SMAN 7 Kota Kediri? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI jurusan IPA di SMAN 7 Kota Kediri? (3) Adakah hubungan antara kecemasan menghadapi ujian semester siswa dengan motivasi belajar siswa kelas XI jurusan IPA di SMAN 7 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 127 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Dalam penelitian ini terdapat tiga temuan, yaitu: (1) Kecemasan dalam menghadapi ujian semester kelas XI jurusan IPA di SMAN 7 Kota Kediri dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata sebesar 94,21 dan berada pada rentang nilai 67-97, nilai tersebut dilihat berdasarkan interpretasi True Score. (2) Motivasi belajar kelas XI jurusan IPA di SMAN 7 Kota Kediri dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 177,77 dan berada pada rentang nilai 166-206, nilai tersebut dilihat berdasarkan interpretasi True Score. (3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (kecemasan menghadapi ujian semester) dan variabel Y (motivasi belajar) pada siswa kelas XI Jurusan IPA di SMAN 7 Kota Kediri. Hal ini dibuktikan dari hasil angka koefisien korelasi pearson sebesar -0,081, dengan skor signifikasi 0,365 yang jauh lebih tinggi dibanding taraf nyata sebesar 0,05. Dan untuk pengujian nilai rhitung adalah -0,081 dan rtabel dengan tingkat 5% yaitu 0,176, berarti rhitung ≤ rtabel, maka dapat dikatakan Ho diterima dan Ha ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 01:18 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 01:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2218 |
Actions (login required)
View Item |