Arifin, Moh. Syamsul (2020) Urgensi Kelompok Kerja Guru PAI dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik (di Kecamatan Pesantren Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109916 Pra BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932109916 BAB I.pdf Download (447kB) |
|
Text
932109916 BAB II.pdf Download (763kB) |
|
Text
932109916 BAB III.pdf Download (235kB) |
|
Text
932109916 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
|
Text
932109916 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text
932109916 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
932109916 Daftar Pustaka.pdf Download (433kB) |
|
Text
932109916 Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Moh. Syamsul Arifin, 932109916, Pembimbing : Dr. H. Muniron, M. Ag. dan Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd. I.Urgensi Kelompok Kerja Guru PAI dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik (di Kecamatan Pesantren Kota Kediri). Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, 2020. Kata kunci : Peran, KKG PAI, Professionalisme Pendidik. Profesionalisme pendidik merupakan kemampuan guru untuk melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik dan pengajar, mirisnya dunia pendidikan dengan masih dijumpai guru tidak memenuhi standar kompetensi memadahi, maka perlunya seorang guru meningkatkan profesionalismenya. Melalui berbagai pelatihan dan aktif dalam organisasi keguruan menjadi salah satu penunjang tercapainya predikat guru professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran KKG PAI Kec. Pesantren dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik pendidik dan Kompetensi Profesional pendidik. Adapun Fokus penelitian ini adalah bagaimana peran KKG PAI Kec. Pesantren Kota Kediri dalam meningkatkan kompetensi Professional pendidik dan bagaimana peran KKG PAI Kec. Pesantren Kota Kediri dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Organisasi KKG PAI Kec. Pesantren Kota Kediri. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan empat cara: melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data atau memverifikasi data. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan melakukan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa program-program KKG PAI Kec. Pesantren memiliki peran dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru meliputi: penyusunan materi pembelajaran, perangkat pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, manajemen pengelolaan kelas, serta pengembangan potensi peserta didik. Sedangkan peran pada peningkatan kompetensi professional guru meliputi program : pengembangan penguasaan materi, konsep, pola pikir keilmuan, program pengembangan kompetensi berkelanjutan, serta program pengembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. Program- program tersebut dijalankan dalam satu masa jabatan atau program tahunan, mencangkup: program rutin, program pengembangan, dan program tambahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 03:26 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 03:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2163 |
Actions (login required)
View Item |